Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Proses pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Modren Al-Hasimiyah Darul Ulum (PEMADU) Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara

Alawiyah, M. Basori (2016) Proses pembelajaran bahasa arab di Pondok Pesantren Modren Al-Hasimiyah Darul Ulum (PEMADU) Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 310 0162.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Bahasa Arab merupakan sala satu bahasa yang sangat penting di pelajari terutama bagi ummat islam. Bahasa Arab juga merupakan bahasa utama bagi kaum muslimin dalam menggali ilmu-ilmu ke Islaman. dalam pembelajaran bahasa Arab, bahasa Arab bertujuan untuk mengembangkan ketererampilan lisan, siswa diharapkan menguasai sejumlah kosa kata dan struktur kalimat dan dapat berbicara secara aktif.Pondok pesantren Modren Al-Hasimiyah Darul Ulum (PEMADU) Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara adalah Satu-satunya Pesantren yang mempunyai keunggulan dalam berbahasa Arab.hampir seluruh siswanya mahir berkomunikasi dengan bahasa Arab Dasar penelitian. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Apa saja Aktifitas Pembela bahasa Arab di PEMADU Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Bagaimana Kemampuan Berbahasa Arab Siswa di PEMADU Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahuia aktifitas pembelajaran bahasa Arab di PEMADU Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara.Dan untuk mengetahui bagaimana kemampu berbahasa Arab siswa di PEMADU Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan dengan teori-teori pendidikan bahasa Arab. Metodologi penelitian ini adalah metode penelitian kualitatip deskriptif dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari observasi dan wawancara, pengolahan dan analisis data dilaksanakan cara kualitatif deskriptif Hasil penelitian dilakukan kepada responden, maka diperoleh hasil bahwa 1)Aktifitas Pembelajaran Bahasa Arab di PEMADU Desa Sipaho Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara ini ada dua bentuk yang pertama Aktifitas pembelajaran dalam bentuk klasikal yaitu materi-materi yang berkaitan dengan bahasa Arab diajarkan sebagai modal awal siswa dalam belajar bahasa Arab kemudian Aktifitas pembelajaran bahasa Arab diluar kelas seperti pemberian mufradat, muhadasah, pengulangan mufradat, penghukuman melanggar bahasa dan berpidato bahasa Arab. 2) Kemampuan para siswa yaitu para siswa mampu melakukan intraksi satu dengan yang lain dengan menggunakan bahasa Arab dalam kehidupan sehari-hari bahkan kebiasaan terbawa-bawa ke kampung halaman jika para siswa libur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag., M.Pd dan H. Ismail Baharuddin, MA
Keywords: Bahasa Arab; Pondok Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 13 Apr 2020 03:37
Last Modified: 14 Jul 2020 02:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/375

Actions (login required)

View Item View Item