Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 101810 Gunung Manaon

Manurung, Rosmala (2017) Pengaruh model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa kelas V SD Negeri 101810 Gunung Manaon. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0113.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa menganggap pembelajaran matematika sulit dipahami dan membosankan. Guru kurang memperhatikan siswa pada proses pembelajaran. Guru tidak menggunakan model pembelajaran yang beranekaragam akan tetapi guru hanya menggunakan satu model pembelajaran yaitu model pembelajaran langsung.Tinggi rendahnya hasil belajar matematika menjadi salah satu indikator penting pada pembelajaran matematika di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika kelas V SD Negeri 101810 Gunung Manaon. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101810 Gunung Manaon yaitu sebanyak 54 siswa yang terdiri dari kelas V-A (27 orang) dan V-B (27 orang) sekaligus menjadi sampel. Instrument pengumpulan data dengan angket dan dokumen. Dengan menggunakan uji deskirptif dan statistik inferensial dengan rumus product moment kemudian dilanjutkan dengan uji t dan untuk mengetahui seberapa besarkah sumbangan varibel X terhadap variabel Y yaitu menggunakan koefisien determinan dan persamaan regresi linear sederhana, serta untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji F. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asnan,M.A dan Mariam Nasution,M.Pd
Keywords: Model pembelajaran langsung, Hasil belajar
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:05
Last Modified: 28 Jul 2020 04:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3736

Actions (login required)

View Item View Item