Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Problematika guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep Kecamatan Natal

Yanti, Wilda (2017) Problematika guru dalam pembelajaran matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep Kecamatan Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0118.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh problematika guru dalam pembelajaran matematika yang berkaitan dengan permasalahan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran, di mana metode yang digunakan guru kurang bervariasi, dan kurang menarik sehingga siswa tidak fokus dalam proses pembelajaran Matematika, seperti: ada siswa yang melamun, suka mengganggu teman yang sedang belajar. serta masih banyak alat-alat pembelajaran yang kurang, seperti buku paket, media pembelajaran dan lain-lain sebagianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika guru dalam proses pembelajaran matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep Kecamatan Natal dan untuk mengetahui upaya apa yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi Problematika dalam proses pembelajaran matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep Kecamatan Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tahap pertama penelitian ini adalah memahami problematika guru dalam proses pembelajaran matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep KecamatanNatal. Setelah itu menganalisis upaya apa yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi problematika dalam proses pembelajaran matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep Kecamatan Natal. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh peneliti bahwa problematika guru dalam pembelajaran matematika pada saat proses pembelajaran memang kurang bervariasi dan kurang menarik. Terlihat pada saat guru menjelaskan didepan kelas siswa hanya diam, duduk, menulis, mendebgarkan dan mengerjakan tugas yang dikasih gurunya, tidak ada sama sekali interaksi siswa dengan guru. dan upaya yang dilakukan oleh guru matematika terkait problematika guru dalam proses pembelajaran matematika adalah dengan sering-sering memberikan tugas dan latihan kepada siswa agar tidak tidak melamun dan menghayal pikirannya kemana-mana. Dan jika terus dibiarkan akan memiliki dampak negatif terhadap hasil belajar Matematika di SD Negeri 148361 Trans Bangdep Kecamatan Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah,M.Pd dan Mariam Nasution,M.Pd
Keywords: Problematika guru matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 28 Jul 2020 04:19
Last Modified: 28 Jul 2020 04:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3734

Actions (login required)

View Item View Item