Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis Kecamatan Angkola Barat

Harahap, Herina (2017) Pengaruh metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis Kecamatan Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0091.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Matematika dan kurangnya keinginan siswa dalam belajar Matematika sehingga siswa kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan pecahan, hal ini disebabkan karena kurangnya perhatian guru terhadap pemahaman konsep dan kurang efektif, sehingga siswa beranggapan bahwa Matematika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu metode yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa adalah menggunakan metode kerja kelompok dengan flash card sebagai metode dalam proses pembelajaran yang dapat membantu proses belajar dengan lebih menyenangkan dan efektif Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar siswa pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis kecamatan Angkola Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Design penelitian eksperimen yang digunakan adalah one-group pretest-posttest design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes berbentuk pilihan berganda. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian berdistribusi normal, yaitu untuk pretest hitung = 2,8 dan untuk posttest hitung = 5,22 dan tabel = 7,815 dan karena hitung < tabel maka data berdistribusi normal. Dan hasil uji homogenitas varians yaitu 1.015326 dan Ftabel = 2.084189 karenaFhitung < Ftabel maka keduanya homogeny(sama). Sedangkan hasil uji hipotesis diperoleh yaitu thitung = 6,452 > ttabel = 2,080, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Maka, penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara metode kerja kelompok dengan flash card terhadap hasil belajar Matematika siswa pada materi pecahan di kelas V SD Swasta No 100117 Muhammadiyah Simatorkis kecamatan Angkola Barat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Nursyaidah, M.Pd.
Keywords: Metode Kerja Kelompok; Flash Card; Hasil Belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 27 Jul 2020 03:36
Last Modified: 27 Jul 2020 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3725

Actions (login required)

View Item View Item