Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Kimia Farma Tbk. periode tahun 2009-2016

Batubara, Heppy (2017) Pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Kimia Farma Tbk. periode tahun 2009-2016. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0271.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

PT. Kimia Farma adalah perusahaan industri farmasi pertama di Indonesia yang didirikan oleh Pemerintah Hindia Belanda tahun 1817. Dimana tujuan perusahaan ini adalah untuk menghasilkan laba demi kelangsungan hidup serta mengumpulkan cukup dana bagi pelaksana kegiatan bisnis. Untuk mencapai laba tersebut tentunya harus meningkatkan kualitas produk dan meningkatkan volume penjualan. Volume penjualan PT. Kimia Farma Indonesia mengalami fluktuasi pada tahun 2009-2016. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Kimia Farma Indonesia Tbk tahun 2009-2016. Kemudian tujuannya yaitu untuk mengetahui pengaruh biaya distribusi dan biaya promosi terhadap volume penjualan pada PT. Kimia Farma Indonesia Tbk tahun 2009-2016. Pembahasan dalam penelitian ini bekaitan dengan ilmu akuntansi keuangan khususnya dalam fokus akuntansi biaya dan manajemen keuangan. Dimana nantinya akan dibahas mengenai biaya distribusi dan biaya promosi dan pengaruhnya terhadap volume penjualan. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan jenis penelitian kausal komparatif. Sampel penelitian adalah penelitian populasi, tekhnik pengambilan sampel dengan metode purposive sampling. Sumber data dari laporan keuangan PT. Kimia Farma Indonesia Tbk yang dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia dengan website www.idx.com. Data diolah dengan menggunakan program SPSS Versi 22 dengan melakukan uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolineritas, uji autokorelasi, uji heterokedastisitas, analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinansi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian secara paarsial (uji T) menyatakan bahwa nilai thitung > ttabel (2,788 > 2,045) dan signifikansi < 0,05 (0,04<0,05) maka variabel biaya distribusi berpengaruh terhadap volume penjualan pada tahun 2009-2016. Sedangkan variabel biaya promosi sangat berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai thitung > ttabel (18,540 > 2,045) dengan signifikansi < 0,05 (0,000<0,05). Secara simultan (uji F) menyatakan bahwa biaya distribusi dan biaya promosi secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai > (196,626 > 3,328) dengan signifikansi 0,000 dengan taraf signifikansi 5%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Jumi Atika, M.E.I
Keywords: Volume Penjualan; Biaya Bistribusi; Biaya Promosi
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150103 Financial Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 27 Jul 2020 02:22
Last Modified: 27 Jul 2020 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3719

Actions (login required)

View Item View Item