Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri di Kelas XI IPA MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas

Harahap, Nelli Herawati (2018) Pengaruh pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri di Kelas XI IPA MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14.202 00100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (884kB)

Abstract

Proses pembelajaran matematika di kelas XI IPA MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas siswa kurang aktif, kreatif dan tidak mandiri salah satu penyebab siswa kurang kreatif karena siswa kurang di biasakan dengan masalah-masalah terbuka yang melibatkan logika dan intuisi siswa. Selama ini, siswa hanya mendapatkan pembelajaran yang berpusat pada guru. Untuk mengatasi permasalahan maka peneliti membuat rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh model pembelajaran kontekstual yang signifikan terhadap berpikir kreatif siswa pada materi trigonometri di kelas XI IPA MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen randomized control group desigh with pretest and postest. Penelitian ini di laksanakan di MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2017-2018. Subjek penelitian ini kelas XI IPA – 1 yang berjumlah 22 siswa dan XI IPA -2 yang berjumlah 30 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah test yang diberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan. Analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji kesamaan rata-rata, dan uji hipotesis dengan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa hasil kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan model pembelajaran kontekstual dengan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 79,2 dan nilai rata-rata di kelas kontrol 69,4 dan hasil uji hipotesis menunjukkan t_(hitung )= 13,5>t_(tabel )= 2,5158. Hasil ini menunjukkan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa di kelas XI IPA -1 MAN 2 Padang Lawas Kecamatan Barumun Tengah Kabupaten Padang Lawas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Berpikir Kreatif; Kontekstual;Trigonometri
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010103 Category Theory, K Theory, Homological Algebra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 12 Dec 2019 06:29
Last Modified: 12 Dec 2019 06:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/37

Actions (login required)

View Item View Item