Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Tanjung, Siti Aisyah (2017) Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi Pepsodent pada mahasiswa jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 230 0087.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Kesehatan gigi merupakan hal yang sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari. Mahasiswa jurusan ekonomi syariah, lebih banyak membeli pasta gigi pepsodent dibandingkan pasta gigi lainnya. Oleh karena itu pasti ada faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa menggunakan pasta gigi pepsodent. Rumusan masalah menjelaskan apakah ada pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk secara simultan terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teori dalam penelitian ini membahas tentang keputusan pembelian, serta teori mengenai tentang konsep kualitas produk, strategi harga, promosi dan atribut produk. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket dan observasi untuk kelengkapan data pada penelitian ini. Analisis dengan menggunakan statistik yaitu SPSS versi 22. Hasil analisis koefesien determinasi (R) dapat diketahui bahwa nilai r = 0,727 artinya korelasi antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian terjadi hubungan yang kuat. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,507 atau 50,7 % menunjukkan variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 49,3% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Berdasarkan hasil penelitian ini ada pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai thitung > ttabel (5,111 > 1,663). Variabel harga ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,670 > 1,663). Variabel promosi ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (1,755 > 1,663). Variabel atribut produk ada pengaruh terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent dengan nilai (4,552 > 1,663). Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara variabel kualitas produk, harga, promosi dan atribut produk terhadap keputusan pembelian pasta gigi pepsodent pada Mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar dan Hamni Fadlilah Nasution
Keywords: kualitas produk; harga; promosi; atribut produk; keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 30 Jul 2020 01:16
Last Modified: 30 Jul 2020 01:16
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3695

Actions (login required)

View Item View Item