Siregar, Yusnita (2017) Pengaruh brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik Wardah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0090.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Mahasiswi jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan harus teliti dalam memilih pilihan dari berbagai merek kosmetik yang memiliki kualitas dan brand image yang baik. Mahasiswi harus bisa membedakan produk kosmetik yang berlabel halal yang resmi dan label halal yang tidak resmi dari Majelis Ulama Indonesia untuk dikonsumsi. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu apakah brand image dan label halal berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh brand image dan label halal secara parsial dan simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik wardah pada mahasiswi jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran.Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan brand image, label halal dan keputusan pembelian serta bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang pengolahan datanya menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan proram SPSS versi 22.Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh jumlah mahasiswi jurusan ekonomi syariah fakultas ekonomi dan bisnis Islam IAIN padangsidimpuan yang berjumlah 788 orang dan sampelnya sebanyak 89 orang.Teknik analisis data yaitu regresi linear berganda, uji asumsi klasik, koefisien determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian yang diperoleh secara parsial terdapat pengaruhbrand image terhadap keputusan pembelian kosmetik dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel (4,497> 1,663).Untuk variabel label halal juga memiliki pengaruh terhadap keputusan pembelian kosmetik dibuktikan dengan nilai thitung> ttabel (2,970 > 1,663). Berdasarkan hasil secara simultan diperoleh nilai Fhitung> Ftabel (20,583 > 2,37), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel brand image dan label halal terhadap keputusan pembelian kosmetik, dengan Koefisien determinasi, Nilai Adjusted sebesar 0,308 atau 30,8%, menunjukkan variabel brand image dan label halal mempengaruhi keputusan pembelian dan sisanya 69,2% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar penelitian yang dilakukan oleh peneliti.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa dan Hamni Fadlilah Nasution |
Keywords: | brand image; label halal; keputusan pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 30 Jul 2020 01:13 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 01:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3694 |
Actions (login required)
View Item |