Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Minat belajar matematika siswa (studi di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi)

Sari, Paridah (2017) Minat belajar matematika siswa (studi di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0121.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian yaitu kurangnya minat belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Matematika. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah minat belajar Matematika siswa (studi di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana keadaan minat belajar Matematika siswa, apa saja upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar Matematika siswa, dan apa saja hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan minat belajar Matematika siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keadaan minat belajar Matematika siswa, upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar Matematika siswa, dan untuk mengetahui hambatan yang dialami guru dalam meningkatkan minat belajar Matematika siswa di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi. Subjek penelitian ini adalah siswa yang sedang belajar di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi. penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriftif, penelitian ini dilakukan dengan mengamati dan menggambarkan serta menginterprestasi objek sesuai dengan fakta di lapangan kemudian menganalisisnya dengan menggunakan informan logika ilmiah. Dalam penelitian ini adalah guru dan siswa yang belajar di kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Lembah Sorik Marapi. Adapun alat pengumpulan data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa keadaan minat belajar Matematika siswa ada tiga macam yaitu minat tinggi, minat sedang, minat rendah. Minat tinggi ialah siswa selalu senang dalam belajar Matematika, minat sedang ialah siswa yang senang belajar Matematika, tidak menunjukkan motivasinya dalam belajar Matematika, dan minat rendah tapi disebabkan karena guru kurang memahami kepribadian yang berbeda pada setiap siswa. Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar Matematika adalah dengan memberi angka, memberi hadiah, pujian, hukuman, mengadakan kompetisi, memberi ulangan akhir, dan mengembalikan hasil kerja siswa. Hambatan-hambatan yang dihadapi guru dalam meningkatkan minat belajar Matematika siswa adalah kurangnya media pembelajaran dan kurangnya waktu/jam pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: H. Agus Salim Daulay, M.Ag dan Ahmad NIzar Rangkuti, S.Si, M.Pd
Keywords: Minat belajar; Matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:58
Last Modified: 24 Jul 2020 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3693

Actions (login required)

View Item View Item