Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan pemahaman konsep bangun datar melalui model teams games tournament (TGT) dengan menggunakan alat peraga pada siswa di kelas VII SMP N 4 Gunung Tuleh

Sustika, Sustika (2017) Peningkatan pemahaman konsep bangun datar melalui model teams games tournament (TGT) dengan menggunakan alat peraga pada siswa di kelas VII SMP N 4 Gunung Tuleh. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0036.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latarbelakangpada penelitian ini adalah rendahnyapemahaman konsep matematika siswa khususnya pada materi bangun datar, maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament dengan menggunakan alat peraga bangun datar Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsepbangun datar di kelas VII SMP N 4 Gunung Tulehmelalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan alat peraga roda bangundatar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 4 Gunung Tuleh dengan subjek penelitian yaitu kelas VII yang berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT) dengan menggunakan alat peraga roda bangun datar. Dari hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan pemahaman konsep matematika siswa pada Siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 26,92% meningkat menjadi 46,15%. Kemudian pada Siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 65,38% meningkat menjadi 80,76%.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan pemahaman konsep siswa melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)dengan menggunakan alat peraga roda bangun datar pada materi bangun datar di kelas VII SMP N 4 Gunung Tuleh.Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan menggunakan alat peraga roda bangun datar dapat meningkatkan pemahaman konsep bangundatarpadasiswa dikelas VIISMP N 4 Gunung Tuleh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Mariam Nasution
Keywords: Model pembelajaran teams games tournament (TGT); alat peraga roda bangun datar; pemahaman konsep
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 05:14
Last Modified: 24 Jul 2020 05:14
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3692

Actions (login required)

View Item View Item