Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demostrasi dengan menggunakan alat peraga benda konkret pada meteri kubus dan balok di kelas V- B SD N 200515 Perumnas Pijorkoling

Yunisah, Rahma (2017) Peningkatan hasil belajar siswa melalui metode demostrasi dengan menggunakan alat peraga benda konkret pada meteri kubus dan balok di kelas V- B SD N 200515 Perumnas Pijorkoling. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pada materi kubus dan balok. Hal ini disebabkan siswa kurang tertarik dan beranggapan bahwa matematika adalah pelajaran yang sulit, sehingga siswa mengalami kesulitan menyelesaikan soal-soal dalam mata pelajaran matematika. Berdasarkan masalah tersebut peneliti berusaha menyusun dan menerapkan metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga benda konret pada materi kubus dan balok. Berdasarkan latar belakang di atas maka rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga benda konkret pada materi kubus dan balok dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V- b SD N 200515 Perumnas Pijorkoling? Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilakukan dengan menggunakan metode siklus. Dalam hal ini, peneliti berfungsi sebagai guru dan guru sebagai observe. Instrument yang digunakan yakni tes yang berbentuk esai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V- b SD N 200515 Perumnas Pijorkoling tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 30 siswa yaitu siswa laki-laki 16 orang dan perempuan 14 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi kubus dan balok melalui metode demonstrasi dengan menggunakan alat peraga benda konkret, hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil nilai rata-rata tes awal seluru siswa yaitu 52,67 dan jumlah siswa yang lulus 6 siswa dengan persentase 20 dari 30 siswa. Pada tes siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata seluru siswa yaitu 68,83 dan jumlah siswa yang lulus 15 siswa dengan persentase 50 dari 30 siswa. Pada tes siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata seluru siswa yaitu 75,33 dan jumlah siswa yang lulus 23 siswa dengan persentase 76,66 % dari 30 siswa. Sedangkan pada tes siklus II Pertemuan I dengan nilai ratarata seluru siswa yaitu 77,66 dan jumlah siswa yang lulus 25 siswa dengn persentase 83,33 % dari 30 siswa. Berdasarkan persentase kelulusan siswa sudah mencapai yang diinginkan maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan I.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Almira Amir
Keywords: Metode demonstrasi; alat peraga benda konkret
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 05:05
Last Modified: 24 Jul 2020 05:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3691

Actions (login required)

View Item View Item