Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII Siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Hasibuan, Nadia Husna (2017) Pengaruh model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII Siswa SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam menyelesaikan soalsoal materi relasi dan fungsi dan siswa kurang aktif dalam pembelajaran karena cara mengajar guru yang terlalu monoton atau kurang mampu melakukan strategi mengajar dengan baik, sehingga hasil belajar matematika pada aspek kognitif masih rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Dari rumusan masalah tersebut yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-grouppretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan yang berjumlah 199 siswa. Sampel penelitian yaitu seluruh kelas VIII-1 yang berjumlah 22 siswa dan seluruh siswa kelas VIII-2 yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabelitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kontekstual terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji hipotesis diperoleh yaitu thitung = 15,86 ˃ ttabel = 2,074 dan nilai rata-rata Post-test kelas eksperimen lebih besar dari nilai rata-rata Post-test kelas kontrol yaitu 81,25 ˃ 76,55.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Almira Amir
Keywords: Pembelajaran kontekstual; kemampuan komunikasi matematika; relasi dan fungsi
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 04:59
Last Modified: 24 Jul 2020 04:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3690

Actions (login required)

View Item View Item