Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh metode discovery terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang

Siregar, Kumala Sari (2017) Pengaruh metode discovery terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 330 0016.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kreativitas siswa dalam belajar matematika terkhusus materi lingkaran karena dengan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sebagai metode pembelajaran dalam materi lingkaran, siswa merasa bosan, malas dan sulit untuk memahami matematika, banyak siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, sehingga siswa merasa asik sendiri dan bercanda gurau dengan temannya. Hal inilah yang menyebabkan rendahnya kreativitas dan hasil belajar matematika siswa. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode discovery tehadap kreativitas siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang serta apakah terdapat pengaruh yang signifikan metode discovery terhadap hasil belajar siswa di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode discovery terhadap kreativitas siswa pada materi lingkaran di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang serta pengaruh metode discovery terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi lingkaran di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang. Ruang lingkup yang digunakan dalam penelitian ini adalah yang berkaitan dengan pengaruh metode discovery terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan itu pendekatan yang digunakan adalah teori-teori tentang metode discovery, kreativitas, hasil belajar dan materi yang diujikan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok non ekuivalen (untreated control group design with pretest and postest). Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 2 Kotapinang yang berjumlah 51 siswa. Sampel dalam penelitian ini 2 kelas atau kelompok, yang dijadikan kelas eksperimen adalah kelas XI IPA-2 sebanyak 27 siswa dan yang dijadikan kelas kontrol adalah kelas XI IPA-1 sebanyak 24 siswa. Kelompok kontrol mendapatkan pembelajaran menggunakan metode ceramah dan tanya jawab sedangkan kelompok eksperimen mendapatkan pembelajaran menggunakan metode discovery. Data kreativitas siswa dikumpukan dengan angket dan data hasil belajar dikumpulkan dengan tes bentuk multiple choise. Analisis data menggunakan statistik parametris teknik t test independent sampel. Pengujian hipotesis kreativitas siswa dengan uji t-test menggunakan rumus polled varian maka didapat thitung > ttabel (5,543 > 2,009), sehingga mengakibatkan penolakan H0 dan penerimaan Ha. Artinya terdapat perbedaan kreativitas siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengujian hipotesis hasil belajar menggunakan t-test dengan rumus Separated varian maka didapat t hitung > ttabel (3,883 > 2,0625) sehingga mengakibatkan penolakan H0 dan penerimaan Ha artinya terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode discovery terhadap kreativitas dan hasil belajar siswa pada materi lingkaran di kelas XI SMA Negeri 2 Kotapinang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ahmad Nizar Rangkuti dan Asnah
Keywords: Metode discover; kreativitas; hasil belajar siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2020 02:55
Last Modified: 24 Jul 2020 02:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3688

Actions (login required)

View Item View Item