Mardiani, Mardiani (2017) Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan dalam memutuskan pembelian handphone merek Oppo. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 230 0067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pada masa sekarang ini perkembangan teknologi khususnya handphone memiliki perkembangan yang cukup pesat. Banyak merek handphone yang telah dikenal pada masyarakat luas, akan tetapi pada akhir-akhir ini banyak mahsiswa yang menceritakan handphone merek Oppo padahal masih terbilang produk baru dibandingkan dengan handphone merek lain yang lebih dahulu memasuki pasar handphone Indonesia. Handphone merek Oppo sendiri baru memasuki pangsa pasar Indonesia pada bulan April 2014. Sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam seharusnya teliti dalam memutuskan pembelian handphone dikarenakan handphone pada zaman sekarang sudah merupakan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi karena sangat membantu dalam proses sosial dan pengembangan ilmu pengetahuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pemasaran. Sehubungan dengan teori-teori yang berkaitan dengan keputusan pembelian, produk, harga dan promosi serta bagian-bagian tertentu dari keilmuan tersebut. Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan regresi linear berganda. Pengambilan sampel secara acak berstarata (stratified random sampling), dengan jumlah populasi 447 dan sampel 82 orang dengan pengolahan data menggunakan perhitungan statistik dengan bantuan proram SPSS versi 22. Berdasarkan deskriptip statistik, uji normalitas, uji linearitas, asumsi klasik, dan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan hasil penelitian produk, harga dan promosi memberi kontribusi sebesar 39,8% terhadap variabel keputusan pembelian handphone merek Oppo, selain itu sisanya 60,2% dipengaruhi oleh variabel lain. Hal ini dibuktikan dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai adjusted R square senilai 0,398 yang diubah kebentuk persen jadi 39,8%. Secara simultan variabel produk, harga dan promosi sama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari hasil perhitungan secara Simultan (uji F) dengan nilai yaitu 18,882 > 2,16 artinya produk, harga dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara parsial produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari hasil perhitungan uji parsial (uji t) dengan nilai thitung > ttabel yaitu untuk produk 4,878 > 1,664 artinya terdapat pengaruh produk terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo dan untuk promosi 2,587 > 1,664 artinya terdapat pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian handphone merek Oppo. Sedangkan untuk harga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, dibuktikan dari hasil perhitungan secara parsial (uji t) dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,460 < 1,664 artinya tidak terdapat pengaruh harga terhadap keputusan pebelian handphone merek Oppo.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Budi Gautama Siregar, S.Pd., MM dan Azwar Hamid, M.A. |
Keywords: | Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 22 Jul 2020 08:12 |
Last Modified: | 22 Jul 2020 08:12 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3666 |
Actions (login required)
View Item |