Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kepuasan masyarakat Desa Hutalombang pada PT. Viktorindo Alam Lestari

Dalimunthe, Lanni (2017) Pengaruh corporate social responsibility (CSR) terhadap kepuasan masyarakat Desa Hutalombang pada PT. Viktorindo Alam Lestari. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) Terhadap Kepuasan Masyarakat Desa Hutalombang Pada PT. Viktorindo Alam Lestari. Penelitian ini di latar belakangi dengan saat sekarang pada kenyataanya masih banyak masyarakat Desa Hutalombang yang mengatakan atas ketidakpuasan terhadap tanggung jawab apa yang dilakukan oleh perusahaan PT. Viktorindo Alam Lestari atas kewajiban dan tindakan yang harus di lakukan ataupun di penuhi olah perusahaan karena banyaknya efek negative yang diterima oleh masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kepuasan masyarakat Desa Hutalombang. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) terhadap kepuasan masyarakat Desa Hutalombang. Praktik pengelolaan Sumber Daya Alam (SDA) tidak memperhatikan aspek kerentanan dan keterbatasan daya dukung dari SDA, kesejahteraan masyarakat local/setempat, pekerja, dan kerusakan lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriftip. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, yaitu observasi, wawancara dan kuesioner. Yang kemudian di analisis menggunakan alat bantu computer dengan menggunakan program SPSSversi 23. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pengaruh Corporate Social Responsibility (CSR) (variabel bebas) dan kepuasan masyarakat Desa Hutalombang (variabel terikat). Berdasarkan pengukuran regresi, maka persamaan regresi sederhana yang terbentuk adalah CSR= 18.344 + 0.574 KM + e. Dari hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa thitung sebesar 6.481 dan ttabel sebesar 1.663 sehingga thitung > ttabel maka H0 ditolak. Berdasarkan nilai signifikan ditunjukkan dengan nilai 0.000 < 0.05 (nilai taraf signifikan) kemudian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara CSR terhadap KM PT. Viktorindo Alam Lestari Kabupaten Padang Lawas tersebut ditunjukkan dengan perolehan R sebesar 0.575 dan R2 0.331 atau 33,1% yang artinya bahwa variasi variabel bebas mampu menjelaskan variabel terikat sebesar 33,1%. Sedangkan sisanya 66,9% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Budi Gautama Siregar dan Azwar Hamid
Keywords: Corporate sosial responsibility (CSR); kepuasan masyarakat
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:03
Last Modified: 22 Jul 2020 08:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3660

Actions (login required)

View Item View Item