Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Integrasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa dalam implementasi Kurikulum 2013 pada kelompok mata pelajaran MIA di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan

Harahap, Maratua (2019) Integrasi ilmu pengetahuan dan teknologi dengan iman dan taqwa dalam implementasi Kurikulum 2013 pada kelompok mata pelajaran MIA di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100183.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Dikotomi ilmu pengetahuan pada madrasah, materi sainstek belum diintegrasikan dengan Islam dan sebaliknya. Jika ditilik, Islam memandang ilmu pengetahuan monistik dan value-bond. Madrasah sebagai lembaga pendidikan Islam memiliki peran penting dalam menciptakan kader-kader bangsa yang berwawasan keilmuan dan tekhnologi dan memiliki ilmu iman dan ketakwaan yang baik. Habibie mendirikan Insan Cendekia untuk menyatukan IPTEK dengan IMTAQ, tidak terkecuali MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan. Oleh karena itu diperlukan suatu penelitian intensif untuk mengemukakan integrasi IPTEK dengan IMTAQ dalam implementasi kurikulum di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan, menemukan, dan menjelaskan integrasi IPTEK dan IMTAQ dalam implementasi kurikulum pada kelompok mata pelajaran MIA di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan teknik observasi, interview dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari informan penelitian. Kesimpulan penelitian ini yaitu: Integrasi kurikulum yang diterapkan di MAN Insan Cendekia Tapanuli Selatan merupakan pengembangan dari kurikulum yang ditetapkan pemerintah. Terdapat dua pola yang digunakan guru dalam integrasi kurikulum, yakni Islmaisasi terhadap ilmu umum, dan Spritualisasi terhadap pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari langkah pengintegrasian yang termaktub dalam rencana, pelaksanaan, dan evaluasi program, yakni: 1) Baca salam dan doa, 2) Apersepsi dan memastikan siswa hapal Ayat dan Hadis, 3) Mengkaji materi dari sudut umum dan Islam, 4) Membawa siswa keluar ruangan untuk tadabbur alam, 5) Memberikan latihan dan soal yang dapat meningkatkan IPTEK dan IMTAQ, 6) Motivasi dan penyadaran kembali bahwa semua kebenaran berasal dari Allah, 7) Ditutup dengan doa Kafaratul Majelis dan salam.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: IPTEK; IMTAQ; Kurikulum 2013
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:56
Last Modified: 21 Jul 2020 02:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3621

Actions (login required)

View Item View Item