Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat dan hikmahnya pada siswa kelas X IPS-1 di SMA Negeri 5 Kota Padangsidimpuan

Siregar, Bulan (2019) Implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam materi zakat dan hikmahnya pada siswa kelas X IPS-1 di SMA Negeri 5 Kota Padangsidimpuan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100181.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi zakat dan hikmahnya sangat penting untuk meningkatkan pengetahuan. Namun peserta didik memiliki aktivitas belajar yang rendah, sehingga hasil belajarpun ikut rendah. Untuk itu, aktivitas dan hasil belajar siswa harus ditingkatkan dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi zakat dan hikmahnya. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam peningkatan aktivitas dan hasil belajar PAI siswa kelas X IPS-1 di SMA Negeri 5 Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK)dengan model Kurt Lewin yaitu penelitian tindakan yang terdiri empat komponen pokok yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek dalam penelitian ini siswa kelas X IPS-1 SMA Negeri 5 Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019 sebanyak 27 siswa Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan aktivitas siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam materi zakat dan hikmahnya. Pertemuan pra siklus, aktivitas belajar sebesar 10.4%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa sebesar 32.6%. Terjadi peningkatan sebesar 22.9%. Pada siklus II aktivitas belajar siswa sebesar 68.1%. Terjadi juga peningkatan sebesar 34.8%. Pada siklus III aktivitas belajar siswasebesar 91.8%. Terjadi peningkatan sebesar 23.7%. 2) Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw meningkatkan hasil belajar siswa, pra siklus yang mencapai KKM78 adalah 7.4%. Siklus I33.3%.Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 25.9%. Siklus II 66.7%. terjadi peningkatan hasil belajar 33.4%. Siklus III 100%. Terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 33.3%. dengan demikian hipotesis penelitian dapat diterima.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Magdalena, M.Ag.
Keywords: Strategi pembelajaran kooperatif tipe jigsaw; PAI; zakat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:49
Last Modified: 21 Jul 2020 02:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3620

Actions (login required)

View Item View Item