Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK/MA/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Pane, Aprida (2019) Analisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti untuk SMA/SMK/MA/MAK terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1723100179.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan adalah buku ajar yang disusun dengan menggunakan kurikulum 2013. Adanya kompetensi inti pengembangan spiritual (KI-1) dan kompetensi inti pengembangan sikap sosial (KI-2) menunjukkan bahwa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti bukan hanya bertujuan untuk penanaman nilai-nilai agama saja, melainkan adanya pembentukan moralitas. Selanjutnya, berpijak dari empat pilar yang harus dipenuhi oleh Pendidikan Agama Islam sebagaimana yang dicetuskan oleh UNESCO yang mengarahkan pembelajaran yang bermuara pada Learning to live together (menghormati dan menghargai dengan sesama pemeluk dan berbeda agama). Pendidikan multikultural adalah konsep yang relevan dengan Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural dalam Buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Reseach) dengan teknik analisis isi yang menggunakan metode hermeneutika. Sumber data primer penelitian ini adalah Buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang terdiri dari: Buku Kelas X, XI, dan XII. Adapun sumber data sekunder penelitian ini adalah buku-buku dan jurnal penelitian yang berkaitan dengan pendidikan multikultural. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai multikultural dalam Buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang diperoleh melalui analisis redaksi bahasa, analisis gambar-gambar, dan analisis ayat Alquran dan Hadis yang dimuat dalam Buku ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, yaitu; nilai humanisme atau kemanusiaan, nilai pluralisme, nilai keadilan (al-‘Adālah), nilai kesamaan (as-Śāwiyah), dan nilai toleransi (at-Tasāmuh).

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag. dan Dr. Magdalena, M.Ag.
Keywords: Pendidikan multikultural; buku ajar PAI dan budi pekerti; Kemendikbud
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:44
Last Modified: 21 Jul 2020 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3616

Actions (login required)

View Item View Item