Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar materi himpunan pada siswa kelas VII di MTs YPKS Padangsidimpuan

Dalimunthe, Niza Annisa Putri (2018) Pengaruh model pembelajaran make a match terhadap hasil belajar materi himpunan pada siswa kelas VII di MTs YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1420200101.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa selama proses pembelajaran materi himpunan disebabkan model pembelajaran yang kurang bervariasi. Sehingga perlu melakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas, salah satunya dengan penggunaan model pembelajaran Make a Match agar siswa lebih memahami materi himpunan yang diajarkan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi himpunan setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Popolasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan tahun ajaran 2018/2019 yang terdiri dari 5 kelas sebanyak 123 siswa, sedangkan sampelnya yaitu kelas VII-4 sebagai kelas eksperimen sebanyak 26 siswa dan kelas VII-5 sebagai kelas kontrol sebanyak 26 siswa. Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes yaitu pretest dan posttest. Sedangkan untuk teknik analisis data uji-t dibantu SPSS v.23. Melalui penelitian kuantitatif eksprimen ini, hasil pengujian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen pada posttest yaitu 60 lebih baik daripada rata-rata kelas kontrol 48,46. Sedangkan hasil uji hipotesis dengan menggunakan SPSS v.23 diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0,017 < 0,005 maka dapat disimpulkan Ha diterima. Hal ini membuktikan adanya pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar peserta didik pada materi himpunan setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match di kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.S.i dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Make a Match; Hasil Belajar; Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:31
Last Modified: 21 Jul 2020 02:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3614

Actions (login required)

View Item View Item