Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan melalui pemanfaatan media gambar di kelas lV SD Negeri 100460 Aek Ilung Kabupaten Padang Lawas Utara

Batubara, Ariani Desi (2019) Upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi pecahan melalui pemanfaatan media gambar di kelas lV SD Negeri 100460 Aek Ilung Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep siswa khususnya pada materi pecahan. Hal ini disebabkan masih banyak siswa yang kurang memahami konsep dasar matematika, metode yang digunakan masih metode konvensional dan kurang bervariasi dan kurang aktif dalam belajar. Berdasarkan permasalahaan tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Penerapan Media Gambar terhadap Materi Pecahaan di kelas lV SD Negeri 100460 Aek Ilung Kabupaten Padang Lawas Utara?. Adapun tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi pecahaan setelah menggunakan media gambar pada kelas IV SD Negeri 100460 Aek Ilung Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat langkah, yaitu: Perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrument yang digunakan berupa tes. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal (Pretest) persentase ketuntasan belajar sebesar 64% dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 56,2 siklus I pertemuan 1 persentase ketuntasan belajar sebesar 60% dengan nilai-nilai rata yang diperoleh yatu 72,6 Pada siklus ll pertemuan 1 persentase yang diperoleh sebesar 84% dengan nilai-niilai rata-rata 80,72. Dari siklus ll yang diperoleh sudah mencapai nilai yang diharapkan bahkan lebih 84% siswa yang tuntas belajar, maka dapat di hentikan dengan nilai yang memuaskan pada siklus ll. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat media gambar dalam materi pecahan di SD Negeri 100460 Aek Ilung kabupaten Padang Lawas Utara telah mecapai harapan penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr.H. Muhammad Darwis Dasopang, M.Ag. dan Suparni, S.Si, M.Pd.
Keywords: Pemahaman Konsep; Media Gambar; Pecahan
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 21 Jul 2020 02:04
Last Modified: 21 Jul 2020 04:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3608

Actions (login required)

View Item View Item