Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan sikap konsumen terhadap pasar modern (swalayan rahmat syariah dan 212 Mart) Padangsidimpuan

Nurhasanah, Nurhasanah (2019) Perbedaan sikap konsumen terhadap pasar modern (swalayan rahmat syariah dan 212 Mart) Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 402 00218.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Persaingan adalah suatu kondisi yang dihadapi oleh suatu peruahaan terhadap perusahaan yang lain dalam upaya suatu perusahaan mencapai keunggulan dan posisi yang menguntungkan jika dibandingkan dengan perusahaan yang lain. Swalayan Rahmat Syariah dan 212 Mart Padangsidimpuan yang memiliki lokasi yang berdekatan, tentu saja hal ini menimbulkan persaingan diantara keduanya. Persaingan ini terjadi ketika masyarakat memilih satu diantara keduanya sebagai tempat mereka berbelanja. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah terdapat perbedaan sikap konsumen terhadap pasar modern Swalayan Rahmat Syariah dan 212 Mart Padangsidimpuan.? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan sikap konsumen terhadap pasar modern Swalayan Rahmat Syariah dan 212 Mart Padangsidimpuan. Kegunaan penelian ini untuk peneliti, masyarakat, peneliti selanjutnya dan pihak Swalayan Rahmat Syariah dan 212 Mart. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu manajemen pemasaran. Sehubung dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan sikap konsumen. sikap adalah mempelajari kecendrungan memberikan tanggapan terhadap suatu objek baik disenangi maupun tidak disenangi secara konsisten Penelitian ini merupakan penelitian komparatif atau perbandingan. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara dan studi kepustakaan. Jumlah sampel 70 konsumen. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji independent sample T Test. Hasil penelitian diperoleh thitung sebesar 2,117. Nilai thitung > ttabel yaitu (2,117 > 1,995) maka terdapat perbedaan sikap konsumen pada Swalayan Rahmat Syariah dan 212 Mart Kota Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Kamaluddin, M.Ag. dan Hamni Fadlilah Nasution, M.Pd.
Keywords: Sikap Konsumen; Pasar Modern
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 17 Jul 2020 09:41
Last Modified: 17 Jul 2020 09:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3577

Actions (login required)

View Item View Item