Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret melalui pembelajaran langsung dengan pembelajaran kooperatif di kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan

Yusminita, Reni (2012) Perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret melalui pembelajaran langsung dengan pembelajaran kooperatif di kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0073.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal matematika khususnya pada pokok bahasan barisan dan deret. Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menanggapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan model pembelajaran langsung dan pembelajaran kooperatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan barisan dan deret yang diajar melalui pembelajaran langsung dengan pembelajaran kooperatif di kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan yang berjumlah 337 orang. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas XIB sebagai kelas eksperimen dan kelas XIA sebagai kelas kontrol yang siswa masing-masing kelas berjumlah 41 orang. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yaitu pre-test (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan) yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal setelah dilakukan validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data kelas eksperimen XIB untuk data pre-test diperoleh ratarata 58,17 dengan simpangan baku 11,333. Sedangkan untuk data post-test 84,02 dengan simpangan baku 9,697. Dari analisis data kelas kontrol XIA untuk data pre-test diperoleh ratarata 53,54 dengan simpangan baku 12,884, sedangkan untuk data post-test 77,44 dengan simpangan baku 11,187. Dari analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 2,85 sedangkan ttabel = 1,9934 dengan taraf 0,05. Ternyata thitung > ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa ada perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa. Dimana hasil belajar siswa yang diajar melalui pambelajaran kooperatif lebih tinggi dari pada yang diajar melalui pembelajaran langsung di kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Thamrin Nasution dan Suparni
Keywords: Hasil belajar; pembelajaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2020 04:31
Last Modified: 17 Jul 2020 04:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3565

Actions (login required)

View Item View Item