Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan media grafik terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan

Harahap, Bintang (2012) Pengaruh penggunaan media grafik terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Judul skripsi ini adalah “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GRAFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL SISWA KELAS VIII MTs S YPKS PADANGSIDIMPUAN”. Latar belakang masalah penelitian ini yaitu bahwa masih ada siswa/i yang tidak mampu menyelesaikan soal-soal sistem persamaan linear dua variabel. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah terdapat pengaruh penggunaan media grafik terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetehui apakah terdapat pengaruh penggunaan media grafik terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat pengaruh diantara kedua variabel tersebut di atas dengan menentukan mean dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh terhadap populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan tahun 2011/2012 yang berjumlah 276 orang, cara pengambilan sampel digunakan cluster sampling, sampel dalam penelitian ini berjumlah 36 orang siswa. Instrumen dalam penelitian ini yaitu angket pada media grafik dan tes pada hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian di analisa dengan menggunakan rumus korelasi spearman rank, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t untuk melihat sejauh mana pengaruh kedua variabel tersebut. Perhitungan nilai rata-rata yang diperoleh pada variabel X (penggunaan media grafik) yaitu 10,58 termasuk kategori “sedang/cukup” sedangkan variabel Y (hasil belajar matematika siswa pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel) yaitu 10,30 termasuk kategori “sedang/cukup”. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa r hitung sebesar 0,5525 kemudian thitung sebesar 3,86 dan ttabel sebesar 2,0336 ternyata thitung ttabel, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan media grafik terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel siswa kelas VIII MTs S YPKS Padangsidimpuan dengan kategori “sedang”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis dan Mariam Nasution
Keywords: Media grafik; hasil belajar; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 17 Jul 2020 04:08
Last Modified: 17 Jul 2020 04:08
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3563

Actions (login required)

View Item View Item