Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian laptop Merek Asus : studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan.

Harahap, Sahra Rezeki (2020) Faktor-faktor yang memengaruhi keputusan konsumen dalam pembelian laptop Merek Asus : studi kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah mengenai harga dan kualitas, harga yang terlalu mahal tidak sesuai dengan kualitas produk, mahasiswa yang menggunakan laptop sehingga tidak mengerti kesesuaian produk dengan harga khususnya laptop. Adapun Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah harga, citra merek, dan kualitas produk berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian laptop merek Asus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk baik secara parsial dan simultan terhadap keputusan konsumen dalam pembelian laptop merek Asus, penelitian ini diharapkan berguna bagi peneliti, lembaga tempat penelitian, dan masyarakat umum. Penelitian ini berkaitan dengan pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori mengenai harga, citra merek dan kualitas produk dan bidang ilmu manajemen bisnis, yakni dalam keputusan konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 86 responden dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji linearitas, uji asumsi klasik (uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas), uji analisis regresi berganda, uji koefisien determinasi (R Square), dan uji hipotesis (uji t dan uji f) dengan menggunakan bantuan perhitungan statistik SPSS versi 22. Berdasarkan hasil penelitian secara parsial harga berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 3,688>1,663, dan untuk citra merek secara parsial berpengaruh terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar 5,798 > 1,663, dan variabel kualitas produk secara parsial tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen yang dibuktikan dengan nilai thitung>ttabel yaitu sebesar ,956 < 1,663 sedangkan secara simultan variabel harga, citra merek dan kualitas produk sama-sama berpengaruh terhadap keputusan konsumen, dibuktikan dengan hasil perhitungan Fhitung>Ftabel yaitu sebesar 35.824 > 2,15. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa harga, citra merek dan kualitas produk memberi kontribusi sebesar 56,7% terhadap keputusan pembelian, selain itu sisanya 43,3% dipengaruhi oleh variabel lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E,I., M.A. dan Azwar Hamid, M.A.
Keywords: Harga., Cita Merek., Kualitas Produk., Keputusan Konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 17 Jul 2020 02:53
Last Modified: 29 Jul 2020 00:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3537

Actions (login required)

View Item View Item