Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi melalui model pembelajaran teams games tournament (TGT) di Kelas VIII-A SMPN 1 Linggabayu

Ervina, Ervina (2015) Upaya meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi melalui model pembelajaran teams games tournament (TGT) di Kelas VIII-A SMPN 1 Linggabayu. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300098.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan pada penelitian ini adalah aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah masih rendah khususnya pada materi relasi dan fungsi, maka untuk mengatasi permasalahan ini peneliti menggunakan model pembelajaranTeams Games Tournament (TGT). Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi dikelas VIII-A SMP N 1 Linggabayu. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan melakukan kolaborasi dengan guru mata pelajaran. Peneliti sebagai pelaksana tindakan dan guru sebagai observer. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 1 Linggabayu dengan subjek penelitian yaitu kelas VIII-A yang berjumlah 27 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan dokumentasi. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus dilaksanakan dengan 2 pertemuan dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament(TGT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah melalui model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada materir elasi dan fungsi di kelas VIII-A SMP N 1Linggabayu. Dari hasil penelitian tersebut, terjadi peningkatan indikator aktivitas belajar siswa pada Siklus I pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 26,87% meningkat menjadi 45,75%. Kemudian pada Siklus II pertemuan ke-1 sampai pertemuan ke-2, yaitu 69,25% meningkat menjadi 80%. Selain itu, kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada prasiklus, siklus I dan siklus II yaitu: pada saat sebelum tindakan (prasiklus) diperoleh persentase siswa yang tuntas sebesar 18,51%. Pada saat siklus I pertemuan ke-1 diperoleh persentase siswa yang tuntas 25,92% sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase kelas yang tuntas yaitu 44,44%. Selanjutnya, pada siklus II pertemuan ke-1 diperoleh persentase siswa yang tuntas62,96% sedangkan pada pertemuan ke-2 diperoleh persentase kelas yang tuntas yaitu 77,77%. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas belajar dan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah relasi dan fungsi di kelas VIII-A SMP N 1Linggabayu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Almira Amir, M.Si dan Nahriyah Fata, M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran TGT; Aktivitas Belajar; Kemampuan Siswa dalam Memecahkan Masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 15 Jul 2020 08:15
Last Modified: 15 Jul 2020 08:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3510

Actions (login required)

View Item View Item