Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SDN 200117 Padangsidimpuan Utara

Rizki, Evita Sari (2015) Pengaruh pendekatan open-ended terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SDN 200117 Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemecahan masalah siswa yang masihkurang di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Rumusan masalahnya adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendekatan open-ended terhadap kemampuan siswa dalam memecahkan masalah pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen one group pre test post test design . Populasi penelitian ini adalah kelas IIISD Negeri 200117 dan untuk sampelnya yaitu kelas IIIC dengan mengunakan teknik non probability sampling dengan pemilihan sampel secara purposive sampling yang terdiri dari 31 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah tes yangdiberikan dua kali, yaitu sebelum diberi perlakuan dan sesudah diberi perlakuan.Analisis data yang digunakan yaitu analisis data secara deskriptif dan analisis data inferensial. Berdasarkan hasil uji hipotesisrata-rata hasil pretest adalah 50,93 dan ratarata hasil postest adalah 84,5 yang menunjukkan ada perbedaan rata-rata antara kelas control dan kelas eksperimen dimana rata-rata posttestlebih baik dari rata-rata pretest.Begitu juga dengan hasil tes “t” diperoleh thitung > ttabel = 75,291> 2,042 dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan df = (N-1) = (31 – 1) = 30.Maka dapat disimpulkanbahwa ada pengaruh yang signifikan dari pendekatan open-ended terhadap kemampuan siswa dalammemecahkan masalah pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Pendekatan Open-Ended; Kemampuan Pemecahan Masalah
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 15 Jul 2020 07:57
Last Modified: 15 Jul 2020 07:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3507

Actions (login required)

View Item View Item