Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan model pembelaiaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan

Rahmadani, Riski (2015) Pengaruh penggunaan model pembelaiaran berbasis masalah terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300125.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran matematika, karena suasana kelas yang tidak mendukung serta guru kurang efesien dalam memilih model pembelajaran sehingga membuat siswa tidak konsentrasi dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, misalnya guru menyampaikan pembelajaran hanya dengan menggunakan model pembelajaran yang kurang menarik. Guru tidak menggunakan berbagai model pembelajaran dan hasil belajar siswa tergolong rendah. Sehingga penulis mencoba mengatasi permasalahan tersebut dengan menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Berdasarkan latar belakang masalah di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan di Kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kotanopan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksprimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Karena siswa kelas VII di lokasi penelitian hanya 53 orang (dua kelas) sehingga yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Instrument dalam penelitian ini adalah tes berbentuk essay. Analisis data yang digunakan untuk melihat pengaruh variabel X terhadap Variabel Y digunakan uji-t. Hasil analisis data postes menunjukkan bahwa kedua kelas berdistibusi normal dan homogen. Setelah dilakukan uji-t diperoleh thitung = 3,052. Berdasarkan hasil thitung yang diperoleh kemudian peneliti melanjutkannya dengan mengkonsultasikan thitung dengan ttabel. Hasil ttabel dengan dk = 51 dan taraf signifikansi 5% adalah 2,000. Dengan demikian diketahui thitung > ttabel, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap hasil belajar pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; Hasil Belajar Matematika Pokok Bahasan Himpunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130204 English and Literacy Curriculum and Pedagogy (excl. LOTE, ESL and TESOL)
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 15 Jul 2020 04:45
Last Modified: 15 Jul 2020 04:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3501

Actions (login required)

View Item View Item