Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa pada SMP Negeri 2 Angkola Barat

Rambe, Pitta Sariani (2012) Pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa pada SMP Negeri 2 Angkola Barat. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
07 330 0110.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran guru merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai tujuan pendidikan. Selain dari pengetahuan dalam penguasaan materi guru juga harus mampu memberikan metode yang bervariasi guna meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam hal ini, motivasi belajar siswa masih tergolong rendah sehingga hasil belajar siswapun rendah. Hal ini merupakan masalah yang timbul dalam proses pembelajaran. Meningkatnya motivasi belajar siswa akan memberikan peningkatan terhadap hasil belajar siswa juga. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa pada SMP Negeri 2 Angkola Barat. Hipotesis penelitian ini adalah “Ada pengaruh yang signifikan antara evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa pada SMP Negeri 2 Angkola Barat.” Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif dengan teknik analisis statistik korelasi product moment. Selanjutnya lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Angkola Barat. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Angkola Barat yang berjumlah 98 orang. Dari pembahasan yang dilaksanakan ditemukan bahwa ada pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa pada SMP Negeri 2 Angkola Barat sebesar 0,345. Kesimpulan dari penelitian ini adalah hipotesis berbunyi “Ada pengaruh antara evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar matematika siswa pada SMP Negeri 2 Angkola Barat” diterima pada taraf 5% karena thitung = 0,345 > ttabel =0,195 artinya semakin baik evaluasi pembelajaran maka motivasi belajar matematika siswa juga akan meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asmadawati dan Ahmad Nizar Rangkuti
Keywords: Evaluasi; pembelajaran; matematika
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2020 03:36
Last Modified: 15 Jul 2020 03:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3479

Actions (login required)

View Item View Item