Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perencanaan strategis dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan

Hasibuan, Mirna Wati (2014) Perencanaan strategis dalam upaya peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0177.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana manajemen yang dilaksanakan Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, apa saja usaha-usaha Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, dan apa saja kendala yang di hadapi dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dan cara mengatasinya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen yang dilaksanakan Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, usaha-usaha Kepala Sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan, dan kendala yang di hadapi dalam peningkatan mutu pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan dan cara mengatasinya. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kualitatif. Untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan observasi, kemudian pengolahan dan analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilakukan peneliti adalah pelaksanaan manajemen kepala sekolah SMA Negeri 8 Padangsidimpuan terlaksana dengan baik dan lancar seperti adanyan perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, komunikasi, pengawasan dan penilaian.Usaha kepala sekolah dalam peningkatan mutu pembelajaran PAI di SMA Negeri 8 Padangsidimpuan adalah melaksanakan pengawasan setiap hari dengan jalan-jalan dan mengontrol keruangan setelah istirahat jam pertama .kemudian mengkordinasikan shalat berjama’ah kepada guru-guru PAI. Melaksanakan penilaian sesuai dengan kurikulum ,ada secara lisan ,tulisan dan absen kedisiplinan, kemudian ada format Penilaian Pembelajaran sehingga dapatdilihat kemampuan siswa setiap 1 (kompetensi dasar). Disini guru wajib melaksanakan dan melaporkannya, apa bila ada siswa yang tudak berhasil dilakukan remedial sanpai murid tersebut lulus. Sementara kendala yang di hadapi dalam meningkatkan mutu pembelajaran adalah sedikitnya guru yang sudah sertifikasi, karena guru yang sudah sertifikasi lebih propesional dalam menjalankan tugasnya dan lebih berkompeten dalam melaksanakan proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Irwan Saleh Dalimunthe, MA dan Dra. Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Perencanaan strategis; Peningkatan mutu pembelajaran pendidikan agama islam; SMA Negeri 8 Padangsidimpuan
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 15 Jul 2020 02:44
Last Modified: 15 Jul 2020 02:44
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3473

Actions (login required)

View Item View Item