Hsb, Wardatul 'Aini (2014) Hubungan sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak di kelurahan Sipolu-Polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0158.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak di Kelurahan Sipolu-polu, kenyataannya di lapangan menunjukkan bahwa sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak adalah orang tua kurang memperhatikan anak belajar. Contoh yang peneliti lihat ketika anak belajar orang tua malah menonton televisi dan anak belajar di depan televisi. Kebanyakan orang tua membiarkan anaknya belajar sendiri dan tidak jarang ditemukan anak dibiarkan belajar malam ke tempat temannya tanpa adanya pengawasaan dari orang tua. Ada sebagian orang tua yang membimbing anaknya dalam belajar dengan cara membentak dan ada juga orang tua dalam membimbing anak-anaknya dengan memaksa kehendak dimana orang tua yang memaksa anak-anaknya belajar sampai larut malam atau ada orang tua yang mengawasi anaknya terlalu ketat. Sehingga kegiatan belajar anak menjadi tak teratur yang mengakibatkan prestasi anak turun dalam pendidikan di sekolah. Identifikasi masalah dalam penelitian ini ada dua yakni sikap orang tua dan kebiasaan belajar anak. Sedangkan batasan masalahnya adalah hubungan sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak di Kelurahan Sipolu-polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimanakah sikap orang tua terhadap anak di Kelurahan Sipolu-Polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal, Bagaimanakah keadaan kebiasaan belajar anak di Kelurahan Sipolu-polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal, dan Apakah ada hubungan yang signifikan antara sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak di Kelurahan Sipolu-polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal. Adapun kegunaan penelitian adalah Diharapkan berguna sebagai masukan bagi para orang tua untuk memajukan kegiatan belajar anak, dapat berguna sebagai bahan masukan evaluasi tentang upaya yang dilakukan orang tua untuk menumbuhkan kebiasaan belajar anak di rumah. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif yang menggunakan metode deskriptif yang menunjukkan gambaran kedua variabel. Populasi dan sampel pada penelitian ini seluruh subjek penelitian yang akan diteliti, populasi penelitian sebanyak 65 orang. Instrument yang digunakan adalah angket. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak di kelurahan Sipolu-polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal berada pada karegori baik yaitu 71,80% sedangakan kebiasaan belajar anak di kelurahan Sipolu-polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal berada pada kategori baik yaitu skor rata-rata 74,23%. Sedangkan dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa hipotesis yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara hubungan sikap orang tua dengan kebiasaan belajar anak di kelurahan Sipolu-polu Kecamatan Panyabungan Kota Kabupaten Mandailing Natal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Agus Salim, M.Ag dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A |
Keywords: | Sikap orang tua; Kebiasaan belajar anak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 15 Jul 2020 02:11 |
Last Modified: | 15 Jul 2020 02:11 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3465 |
Actions (login required)
View Item |