Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pendidikan karakter terhadap pembentukan kepribadian siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan

Nilwan, Nilwan (2014) Pengaruh pendidikan karakter terhadap pembentukan kepribadian siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0103.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan yang timbul dalam penelitian ini adalah adanya kesenjangan antara idealitas dengan realitas. Secara idealitas bahwa pendidikan karakter dalam upaya mewujudan kepribadian siswa telah dicantumkan dan diterapkan, namun realitasnya masih banyak siswa yang tidak mencerminkan kepribadian sesuai dengan apa yang diterapkan dalam pendidikan tersebut. Hal ini yang perlu untuk di teliti, apakah memang pendidikan kkarakter tersebut tidak memberikan pengaruh dalam mewujudkan kepribadian yang baik, atau foktor yang lain lebih mendominasi dalam mewujudkan kepribadian siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pelaksanaan pendidikan karakter di SMA N 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui kondisi kepribadian siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan, untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendidikan karakter (variabel X) terhadap pembentukan kepribadian Siswa (variabel Y) pada lokal unggulan dari kelas I-III baik jurusan IPA maupun IPS di SMAN 1 Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pendekatan inferensial. Selanjutnya instrumen yang digunakan untuk kedua variabel adalah angket bentuk pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban. Hasil penelitian ini adalah Pola Pendidikan Karakter di SMA N 1 Padangsidimpuan pada kategori sangat baik, hal ini dapat dilihat dari tingkat pencapaian adalah 91,17% berdasarkan kriteria penilaian pendidikan karakter tersebut berada pada 81%-100%, pembentukan kepribadian siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan sangat baik hal ini dapat dilihat dari tingkat pembentukan kepribadian siswa adalah 86,67% berdasarkan kriteria penilaian pembentukan kepribadian siswa tersebut berada pada 81% - 100%, pendidikan karakter mempunyai pengaruh yang besar terhadap pembentukan kepribadian siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan KP dimana hasilnya 56,3 %, dan ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Kepribadian Siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan berdasarkan nilai koefisien korelasi sebesar 0,750 dan didistribusikan kerumus uji t yang diperoleh hasil thitung = 6,00 bila dibandingkan dengan ttabel diperoleh nilai ttabel sebesar 1,701. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel terlihat bahwa thitung >ttabel atau 6,00> 1,701. Artinya ada pengaruh yang signifikan antara Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Kpribadian Siswa di SMA N 1 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Irwan Saleh Dalimunthe dan Nahriyah Fata
Keywords: pendidikan Islam; kepribadian
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 15 Jul 2020 01:28
Last Modified: 15 Jul 2020 01:28
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3464

Actions (login required)

View Item View Item