Jubaidah, Jubaidah (2014) Pengaruh pola pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0202.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Pola Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan”. Yaitu suatu pembahasan tentang pola pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dan pengaruhnya terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti mencoba mengasumsikan bahwa pola pembelajaran yang dipakai guru di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam yaitu dapat dilihat dari nilai hasil belajar pendidikan agama Islam siswa yang sangat baik dan juga dapat merubah tingkah laku dan akhlak beragama siswa. Dengan demikian masalah yang dibahas dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh pola pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Sejalan dengan masalah di atas, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam Di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi kausalitas (pengaruh), populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 314 dengan cara mengambil sampel sebanyak 10%. Dengan demikian sampel penelitian yang berjumlah 31 orang siswa. Teknik sampel yang digunakan yaitu simple random sampling, untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset di lapangan, instrument pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya dilakukan analisis data dengan menggunakan rumus statistic dalam bentuk korelasi product moment dan dilanjutkan uji signifikansi. Hipotesis yang berbunyi ada pengaruh pola pembelajaran terhadap peningkatan hasil belajar pendidikan agama Islam Di SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Dengan melihat tabel berdasarkan jumlah sampel 31 pada taraf signifikansi 5 % ditemukan r tabel sebesar 0, 355 dan pada taraf signifikansi 1 % ditemukan r tabel sebesar 0,456. maka rxy= 0,577 lebih besar dari r tabel = 0,355 diterima, dengan koefisien korelasi 0,577.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.A dan Ali Asrun, S.Ag., M.Pd |
Keywords: | Pola pembelajaran; Hasil belajar pendidikan agama islam; SMP Negeri 5 Padangsidimpuan |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 09:13 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 09:13 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3461 |
Actions (login required)
View Item |