Basit, Abdul (2014) Nilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam Surah al-Baqarah ayat 67-73. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0127.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini adalah tentang isi kandungan serta nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah al-Baqarah ayat 67-73.Tujuan penulisan skripsi ini adalah ingin mengetahuinilai-nilai pendidikan akhlak yang terkandung dalam surah al-Baqarah ayat 67-73. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer maupun sekunder. Sumber primer adalah data yang diperoleh dari sumber inti. Dalam melakukan kajian mengenai suatu ayat, maka jelaslah kalau yang menjadi sumber data primer adalahberasal dari al Qur’an, tepatnya pada Q.S. al Baqarah ayat 67-73. Data sekunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang masih berkaitan dengan masalah penelitian, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data sekunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan tulisan ini. Dalam menyusun penelitian ini, penulis menggunakan metode library research. Library research adalah penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis tulisan ini adalah metode tahlili. Metode ini menguraikan makna yang dikandung oleh al-Qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam al-Qur’an. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat yang ditafsirkan, seperti pengertian kosakata, konotasi kalimatnya, latar belakang turun ayat, kaitannya dengan ayatayat lain, baik sebelum maupun sesudahnya. Kajian ini menunjukan bahwa dalam Q.S. al-Baqarah ayat 67-73 terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak yang meliputi : (1) Akhlak guru dalam menyampaikan materi. (2) Akhlak murid dalam bertanya. (3) Nilai tawadhu’ (kerendahan diri) seorang pendidik. (4) Nilai Ketaatan seorang peserta didik. (5) Nilai kesabaranseorang pendidik. (6) Nilai Kejujuran seorang pendidik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nurfin Sihotang dan Ismail Baharuddin |
Keywords: | pendidikan Islam; akhlak |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 09:10 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 09:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3457 |
Actions (login required)
View Item |