Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran contextual learning mata pelajaran aqidah akhlak materi perilaku terpuji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan

Agustina, Naimah (2014) Peningkatan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran contextual learning mata pelajaran aqidah akhlak materi perilaku terpuji di kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0063.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Contextual Learning Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Materi Perilaku Terpuji Di Kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan populasi sebanyak 6 kelas dengan jumlah siswa 207 orang, kemudian diambil sampel penelitian sebanyak satu kelas yaitu kelas X IPS 1 dengan jumlah siswa sebanyak 37 orang yang akan diberikan tindakan berupa pengajaran melalui model pembelajaran contextual learning. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Class Room Action Research) yang dilakukan dengan metode siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Penelitian ini merupakan penelitian dalam bidang pendidikan ,yang bersifat reflektif dengan melakukan tindakan-tindakan tertentu di dalam kawasan kelas dengan tujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas pembelajaran secara professional. Dari hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh hasil bahwa penerapan model pembelajaran contextual learning dapat meningkatkan hasil belajar aqidah akhlak kelas X MAN 1 Padangsidimpuan. Seperti data yang diperoleh bahwa pada tes awal persentase ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 78,3 % (29 dari siswa) dengan nilai rata-rata yang diperoleh yaitu : Siklus I : Pertemuan I : 84,8 Pertemuan II : 84,8 Siklus II : Pertemuan I : 81,3 Pertemuan II : 83,7 Siklus III : Pertemuan I : 85,1 Pertemuan II : 85,4

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Sahadir Nasution, M.Pd dan Zulhammi, M.Ag.,M.Pd
Keywords: Contextual Learning; Aqidah Akhlak; Perilaku Terpuji
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:51
Last Modified: 14 Jul 2020 08:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3456

Actions (login required)

View Item View Item