Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa di SD Inpres Pijorkoling

Dalimunthe, Ropikoh (2014) Peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa di SD Inpres Pijorkoling. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
09 310 0185.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Kecerdasan emosional dan spiritual adalah hal yang sangat penting terhadap kepribadian siswa dan kesuksesan siswa. Dua kecerdasan ini adalah sebagai penentu dalam mewujudkan suatu kesuksesan dibandingkan kecerdasan otak (intelektual). Maka dalam mencapai kecerdasan itu diperlukan adanya peran dari guru agama. Adapun fokus penelitian ini adalah bagaimana peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di SD Inpres Pijorkoling dan apakah peran yang dilakukan guru agama sesuai dengan teori yang ada. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi terhadap pengembangan SD Inpres Untuk mengetahui bagaimana peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa di Sekolah Dasar (SD) Inpres Pijorkoling. Untuk mengetahui bagaimana peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan spritual siswa di Sekolah Dasar (SD) Inpres Pijorkoling. Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa di Sekolah Dasar (SD) Inpres Pijorkoling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif. Jenis penelitiannya adalah jenis sosiologis. Lokasi penelitiannya tepatnya di SD Inpres Pijorkoling. Sedangkan sumber datanya adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri. Sedangkan analisis datanya adalah mengoreksi, mengelompokkan. Untuk pengecekan keabsahan temuan dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, uraian rinci, dan analisis kasus negatif. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah pertama, Peran guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional masih kurang, hal ini dapat dilihat dari peran guru agama yang kurang aktif dalam pengembangan kecerdasan ini terhadap siswanya, Kedua, peran yang dilakukan oleh guru agama dalam mengembangkan kecerdasan spiritual siswa di SD Inpres Pijorkoling guru agama selalu memberikan perkembangan spritual siswa dalam melasanakan ajaran agama, guru harus mengajar dengan teliti dan tidak menyia-nyiakan waktu yang ada, dengan melakukan suatu bimbingan dan arahan dengan cara yang bermanfaat, ketiga faktor pendukung dan faktor penghambat dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SD Inpres Pijorkoling, guru agama , ada beberapa faktor yaitu: faktor internal, sebagai berikut, faktor pendidikan, faktor ibadah. Faktor eksternal yaitu, faktor ekonomi, lingkungan, dan serta faktor informasi dan teknologi. Kesimpulan akhir dari penulis skripsi ini adalah kecerdasan emosional siswa di SD Inpres Pijorkoling masih dikatakan kurang baik, karena kurangnya perhatian guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional, apalagi dalam memberikan pelajaran, sehingga siswa merasa tidak enak dengan guru agama mereka dan susah untuk di arah kepada yang baik, mereka lebih suka kepada guru yang lain karena guru-guru yang ada di SD Inpres sebagian siswa menilai baik, terutama wali kelas mereka. Siswa kadang bisa disiplin karena arahan dan bimbingan wali kelas mereka. Peran guru agama di SD Inpres Pijorkoling adalah memberikan pendidikan, bimbingan dan arahan kepada siswa dengan sedaya mampu mereka, terutama dalam mengembangkan kecerdasan spritual siswa di SD Inpres Pijorkoling tersebut, agar siswa tidak menyeleweng dari ajaran agama islam, dan supaya mereka mengetahui mana yang baik dan mana yang tidak baik apa yang mereka lakukan dalam sehari- hari. Faktor pendukung dan faktor penghambat guru agama dalam mengembangkan kecerdasan emosional dan spritual siswa di SD Inpres Pijrkoling, ada beberapa faktor yaitu: faktor internal, sebagai berikut, faktor pendidikan, faktor ibadah. Faktor eksternal yaitu, faktor ekonomi, lingkungan, dan serta faktor informasi dan teknologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Zulhammi, M.Ag.,M.Pd dan Muhlison M.Ag
Keywords: Peran guru agama; Kecerdasan emosional dan spritual; SD Inpres Pijorkoling
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 14 Jul 2020 08:34
Last Modified: 14 Jul 2020 08:34
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3448

Actions (login required)

View Item View Item