Sari, Indah Purwanti (2014) Upaya guru agama dalam meningkatkan minat dan hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SD 200204 Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
09 310 0091.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Skripsi ini berjudul Upaya Guru Agama Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Di SD 200204 Padangsidimpuan Selatan, sehingga muncul permasalahan dalam penelitian yaitu upaya-upaya apa sajakah yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa. Berdasarkan permasalahan di atas maka tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui upaya-upaya dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD 200204 Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif bersifat deskriptif artinya menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan di SD 200204 Padangsidimpuan Selatan. Instrument pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari upaya yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD 200204 Padangsidimpuan Selatan adalah dalam meningkatkan minat belajar siswa upaya yang dilakukan guru berupa pemberian hadiah, membawa anak belajar di luar kelas, menilai unjuk kerja dan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa. Dalam meningkatkan hasil belajar siswa upaya yang dilakukan guru adalah dengan memberikan hadiah pada siswa yang memperoleh hasil belajar yang baik, memberikan perhatian pada siswa sehingga siswa merasa dihargai dengan demikian memberikan hasil yang baik pada belajarnya, memberikan bimbingan pada siswa untuk belajar dengan baik dan membangkitkan minat belajar siswa jika minat belajar siswa telah timbul maka hasil belajar siswa akan baik. Dengan demikian dapat diketahui bahwa minat dan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa di SD 200204 Padangsidimpuan Selatan dari upaya-upaya yang dilakukan guru dalam pembelajaran baik jika dimasukkan dalam angka memperoleh skor 8. Dan hal ini terlihat dari minat belajar siswa yang baik dalam proses belajar mengajar berlangsung serta hasil belajar siswa yang baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Drs. H. Syafnan, M.Pd. dan Drs. H. Abdul Sattar Daulay, M.Ag. |
Keywords: | Guru; Pendidikan Agama Islam; Minat; Hasil Belajar |
Subjects: | 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 07:52 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 07:52 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3443 |
Actions (login required)
View Item |