Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair shure terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Bilmis, Fiqka (2016) Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair shure terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.Rendahnya keaktifan belajar siswa yang dimiliki siswa salah satunya dikarenakan dalam pelaksanaan pembelajaran disekolah masih menggunakan pembelajaran yang konvensional atau metode ceramah yang pembelajarannya cenderung monoton dan membuat siswa pasif dalam belajar dan kurang termotivasi dalam belajar matematika. Dengan demikian peneliti tertarik meneliti pengaruh pembelajaran kooperatif Tipe think pair share terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMPNegeri 2 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruhpembelajarankooperatiftipe thinkpair Share terhadap keaktifan belajar Siswa pada pokok bahasan himpunan di kelas VII SMPNegeri 2 Padangsidimpuan Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan tujuan untuk mengetahui ada tidak nyapengaruhsuatuperlakuan. Populasidalampenelitianadalahsiswakelas VII dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah VII. Instrument yang digunakandalampenelitianiniadalahtes berbentuk pilihan berganda. Sebelum tes dipergunakan dalam penelitian terlebih dahulu dilakukan uji coba tes untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Kemudian uji analisis data yang digunakan adalah uji-t. Sebelum dilakukan uji-t terlebih dahulu dianalisa nilai ratarata. Hasil postes menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas sesudah perlakuan 85. Setelah dilakukan uji-t dapa tdiketahui bahwa hasil thitung>ttabel. Hasil thitung dengan dk =26 dan taraf signifikansi 5% adalah 11,41dan ttabel sebesar 2,054. Jadi peneliti dapat mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipeThink Pair Share terhadap keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan himpunan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd dan Suparni, S.Si.,M.Pd
Keywords: Pembelajaran Tipe Think Pair Share; Keaktifan Belajar Siswa
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 14 Jul 2020 05:02
Last Modified: 14 Jul 2020 05:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3433

Actions (login required)

View Item View Item