Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII Siswa SMP Negeri 2 Barumun Tengah

Harahap, Ervyana (2016) Penerapan metode diskusi untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematika pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII Siswa SMP Negeri 2 Barumun Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
113300011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam mengkomunikasikan matematika pada pembelajaran matematika di kelas. Hal ini disebabkan siswa masih kurang memahami materi matematika yang diajarkan terutama jika materi tersebut dihubungkan dengan soal atau masalah yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari. Dalam hal ini, siswa sulit untuk menyatakan situasi masalah ke dalam gambar atau grafik dan siswa kurang mampu mengeluarkan ide-ide atau situasi dari suatu gambar yang diberikan ke dalam model matematika ke bentuk penulisan secara matematika. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalam pengajaran matematika di kelas yaitu dengan menggunakan metode diskusi yang merupakan pembelajaran yang dimulai dengan berfikir melalui bahan (menyimak, mengkritisi, dan alternatif solusi), hasil bacaannya dikomunikasikan dengan presentasi, diskusi, dan kemudian membuat laporan hasil diskusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah melalui penerapan pembelajaran dengan metode diskusi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini merupakan penelitian yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Subjek penelitian ini adalah kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Tengah tahun ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 34 siswa dengan 16 siswa lai-laki dan 18 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan selama 2 siklus dan pada setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada tes awal jumlah siswa yang tuntas yaitu 16 siswa dengan persentase ketuntasan 47,06%. Setelah dilaksanakan penerapan metode diskusi terjadi peningkatan kemampuan komunikasi matematika siswa pada setiap pertemuan. Pada tes pertemuan-1 Siklus I jumlah siswa yang tuntas 18 siswa dengan persentase ketuntasan 52,94%. Kemudian pada pertemuan-2 meningkat menjadi 20 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 58,82%. Setelah dilakukan Siklus II pada pertemuan-1 jumlah siswa yang tuntas 26 siswa dengan persentase ketuntasan 76,47% dan pada pertemuan-2 meningkat menjadi 29 siswa yang tuntas dengan persentase ketuntasan 85,29%. Hal tersebut menunjukkan jumlah siswa yang tuntas telah melebihi setengah dari jumlah siswa yang artinya target pencapaian pada penelitian ini telah diperoleh yaitu paling sedikit 80% maka penelitian ini dapat dihentikan dengan nilai yang memuaskan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode diskusi dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Barumun Tengah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dra.Asnah, MA dan Almira Amir, M.Si
Keywords: Metode Diskusi; Kemampuan Komunikasi Matematika; Bahasan Lingkaran
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:39
Last Modified: 14 Jul 2020 04:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3429

Actions (login required)

View Item View Item