Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan

Juliana, Rina (2014) Pengaruh strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
10 310 0033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan startegi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan? apakah terdapat pengaruh yang signifikan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa secara simultan dalam bidang studi al-quran hadis di MAN 1 Padangsidimpuan? Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa secara simultan dalam bidang studi al-quran hadis di MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode ex post facto artinya suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini di dengan menggunakan angket dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik dengan program SPSS versi 17 yaitu ingin mengetahui pengaruh yang signfikan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa secara simultan dalam bidang studi al-quran hadis di MAN 1 Padangsidimpuan. ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa secara simultan dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan dan ingin mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan pemanfaatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa secara simultan dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran kontekstual dan pemanfaatan sumber belajar memiliki pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan. Hal ini tergambar bahwa nilai r hitung labih besar dari r tabel (0,268> 0,266) dan t hitung > nilai t tabel (2,250 > 1,670) untuk pengaruh strategi pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa. Kemudian pemanfatan sumber belajar terhadap hasil belajar siswa terdapat pengaruh yang signifikan yaitu r hitung > r tabel (0,314>0,266) nilai t hitung > nilai t tabel (2,994 > 1,670), dan untuk pengaruh strategi CTL dan pemanfaatan sumber belajar secara simultan terhadap hasil belajar siswa dalam bidang studi Al-Quran Hadis di MAN 1 Padangsidimpuan terdapat pengaruh yang signifikan bahwa F hitung > dari F tabel ( 6,632 > 3,148).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Asnah dan Nahriyah Fata
Keywords: Pengaruh; pembelajaran; Al-Qur'an hadis
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:40
Last Modified: 14 Jul 2020 04:41
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3413

Actions (login required)

View Item View Item