Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan

Nurhabibah, Nurhabibah (2013) Pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
08 310 0019.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah guru dalam melakukan kegiatan pembelajaran harus memiliki kapasitas intelektual, sehingga dalam menyampaikan materi pelajaran mampu memberikan pemahaman kepada peserta didik dengan baik, dengan kata lain mampu menguasai berbagai macam caracara mengajar, mampu memilih dan menetapkan apa yang tepat digunakan dalam penyampaian materi pelajaran. Pada kenyataannya yang ada di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayurmatinggi, cara yang digunakan guru dalam proses pembelajaran belum bisa memberikan pemahaman bagi peserta didik. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, apakah bentuk pengajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayurmatinggi. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Sayur Matinggi Kabupaten Tapanuli Selatan, ootuk mengetahui bentuk pengajaran Guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Kecamatan Sayurmatinggi. Penelitian ini dilaksanakan secara kualitatif dengan metode deskriptif yaitu penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan yang sebenarnya di lapangan secara murni sesuai dengan apa adanya. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil yang ditemukan dilapangan bahwa pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang merupakan aplikasi dari perencanaan yang telah dibuat oleh guru sebelumnya. Dan pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang belum baik. Termasuklah pelaksanaan kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Bentuk pengajaran guru dalam pelaksanaan pembelajaran di MDA Sipange Godang Monologis, yaitu guru menyampaikan bahan pelajaran dengan cara berceramah, dan mood mendengar, hal ini tidak berjalan secara kondusif. Proses pembelajaran semuanya ditentukan oleh Guru, siswa hanya dituntut mengikuti pelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Misran Simanungkalit dan Rosnani Siregar
Keywords: pendidikan Islam; pembelajaran; MDA
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2020 04:02
Last Modified: 14 Jul 2020 04:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3407

Actions (login required)

View Item View Item