Saharah, Elly (2015) Pengaruh penerapan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
113300008.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran matematika selama ini masih cenderung menggunakan metode konvensional yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan siswa menjadi pendengar yang pasif. Hal ini mengakibatkan tidak berkembangnya komunikasi matematika siswa karena dalam pembelajaran jarang terjadi komunikasi antara siswa dengan siswa dan siswa dengan guru. Oleh karena itu perlu merubah model dalam pembelajaran yang selama ini diterapkan. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan komunikasi matematika siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh signifikan antara model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. adapun tujuan dalam penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan teknik sampel cluster random sampling. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2014-2015 yang terdiri dari 11 kelas sebanyak 319 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu 50 siswa terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa dari kelas kontrol. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes bentuk essay, sedangkan pengolahan data analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Hasil uji persyaratan analisis data diperoleh dikelas sampel berdistribusi normal. Berdasarkan hasil observasi terhadap aktivitas siswa menggunakan model pembelajaran Reciprocal Teaching diperoleh rata-rata aktivitas siswa sebesar 71,33% yang termasuk dalam kategori tinggi. Pengujian uji-t diperoleh thitung 6,8> ttabel = 2,008. Melihat kondisi ini maka hipotesis penolakan Ho dan penerimaan Ha. penelitian ini menyimpulkan terdapat pengaruh signifikan antara penggunaan model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VIII SMP Negeri Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, M.Pd dan Suparni, S.Si., M.Pd |
Keywords: | Model Pembelajaran Reciprocal Teaching; Kemampuan Komunikasi Matematika |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mr. Muhammad Nuddin |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 03:23 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 03:23 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3405 |
Actions (login required)
View Item |