Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Harahap, Fahrizal (2018) Pengaruh penerapan model pembelajaran tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika materi lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14.202 00134.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari rendahnya hasil belajar matematika siswa khususnya pokok bahasan lingkaran siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Rendahnya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh ketidak aktifan siswa dalam proses pembelajaran, selama proses pembelajaran siswa hanya mendengarkan penjelasan guru dan tidak mau bertanya. Melalui model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) siswa dapat memecahkan masalah, berinteraksi di dalam pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika siswa materi Lingkaran di kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain non ekivalen (untreated Control group design with pretes and posttes). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang tediri dari dua kelas yaitu VIII1 dan VIII6 yang berjumlah 44 orang. Sedangkan sampel terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dengan jumlah 22 orang dan kelas kontrol dengan 22 orang siawa-siswi SMP Negeri 9 Padangsidimpuan. Dan instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan rumus Chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normalitas dan homogenitas kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Perhitungan uji hipotesis diperoleh nilai thitung = 2,79, sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% =2,021. Sehingga didapatkan thitung >ttabel (2,79>2,021), artinya hipotesis yang diterima adalah Ha yaitu terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar matematika kelas VIII SMP Negeri 9 Padangsidimpuan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Model Pembelajaran;Team Assisted Individualization; Hasil Belajar; lingkaran.
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010102 Algebraic and Differential Geometry
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Yusri Fahmi
Date Deposited: 06 Dec 2019 01:31
Last Modified: 06 Dec 2019 01:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/34

Actions (login required)

View Item View Item