Siregar, Sahroni (2018) Pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi aljabar dikelas VIII SMPN 2 Angkola Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
13 330 0033.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2Angkola Selatan disebabkan karena dalam proses pembelajaran guru belum sepenuhnya mampu menciptakan perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran masih rendah, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menjawab persoalan/permasalahan matematika terutama pada materi operasi aljabar yang menyebabkan hasil belajar siswa tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi aljabar di kelas VIII SMPN 2 Angkola Selatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball tharowing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi aljabar di kelas VIII SMPN 2 Angkola Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen klasik (classical experimental design). Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Angkola Selatan yang terdiri dari 4 kelas sebanyak 128 siswa, dan untuk sampelnya diambil menggunakan teknik cluster random sampling yaitu sebanyak 48 siswa. Kelas kontrol sebanyak 24 siswa dan kelas eksperimen 24 siswa. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yang diberikan sebanyak dua kali, yaitu sebelum pretest dan postest. Sedangkan untuk pengolahan data dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung>ttabel yaitu 10,007>2,0129 dengan taraf signifikan 5%. Maka dapat diambil kesimpulan Ho ditolak dan H1 diterima, berarti ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran snowball throwing terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan operasi aljabar di kelas VIII SMPN 2 Angkola Selatan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr.H.Muhammad Darwis Dasopang,M.Ag dan Mariam Nasution,M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran Snowball Throwing, hasil belajar, Operasi aljabar |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 08:55 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 08:55 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3359 |
Actions (login required)
View Item |