Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis pengaruh ekuitas merek, kualitas, dan daya tarik iklan terhadap loyalitas konsumen produk televisi merek LG di Desa Huraba I Kabupaten Mandailing Natal

Nasution, Winda Junianti (2020) Analisis pengaruh ekuitas merek, kualitas, dan daya tarik iklan terhadap loyalitas konsumen produk televisi merek LG di Desa Huraba I Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1540200219.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya masyarakat Desa Huraba I Kabupaten Mandailing Natal yang menggunakan produk televisi merek LG, padahal masih banyak produk sejenis lainnya yang memiliki produk terkenal dengan kualitas yang baik. Selain itu, harga produk televisi merek LG terbilang mahal dan rata-rata masyarakat Desa Huraba I Kabupaten Mandailing Natal merupakan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh ekuitas merek, kualitas produk dan daya tarik iklan baik secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen produk televisi merek LG. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek, kualitas dan daya tarik iklan secara parsial maupun simultan terhadap loyalitas konsumen produk televisi merek LG. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan bidang manajemen bisnis. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan peneliti yaitu dengan memaparkan teori-teori yang berkaitan dengan loyalitas konsumen, ekuitas merek, kualitas produk dan daya tarik iklan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sebanyak 73 responden, pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sumber data yaitu data primer dan data sekunder, pengumpulan data yang digunakan adalah teknik angket (kuesioner) dan wawancara, dan menggunakan teknik analisis berganda untuk mengukur pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat yang pengolahannya dibantu dengan menggunakan program SPSS versi 24. Berdasarkan hasil penelitian pada variabel ekuitas merek tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung < ttabel yaitu 1,417 < 1,667, maka Ha ditolak. Variabel kualitas produk tidak mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung < ttabel yaitu 0,125 < 1,667, maka Ha ditolak. Kemudian variabel daya tarik iklan mempunyai pengaruh terhadap loyalitas konsumen dengan nilai thitung > ttabe1, yaitu 12,367 > 1,667, maka Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Isa,S.T.,M.M dan Sry Lestari,M.E.I
Keywords: Ekuitas merek, Kualitas produk, Daya tarik iklan, dan Loyalitas konsumen
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 14 Jul 2020 03:47
Last Modified: 14 Jul 2020 06:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3346

Actions (login required)

View Item View Item