Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan pembina dalam meningkatkan prestasi anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Devi, Kolama (2017) Peranan pembina dalam meningkatkan prestasi anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Desa Ujung Gurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 120 0051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) adalah lembaga-lembaga kesejahteraan sosial yang dibentuk oleh pemerintah, pemerintah daerah, atau masyarakat yang melaksanakan pengasuhan anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, Prestasi apa saja yang pernah dicapai anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Ujung Gurap, Bagaimana peranan pembina dalam memberikan bimbingan untuk meningkatkan prestasi anak asuh dalam hal tilawah al-Qur’an, dam apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan prestasi anak asuh dalam hal tilawah al-Qur’an. Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah guna mengetahui prestasi apa saja yang pernah dicapai anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Ujung Gurap, guna mengetahui peranan pembina dalam memberikan bimbingan untuk meningkatkan prestasi anak asuh dalam hal tilawah al-Qur’an, dan guna mengetahui faktor pendukung dan penghambat Pembina Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM) Ujung Gurap dalam meningkatkan prestasi anak asuh dalam hal tilawah al- Qur’an. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data penelitian yaitu penjelasan, baik tertulis maupun tidak tertulis dengan orang-orang atau pelaku-pelaku yang diteliti. Sedangkan pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan besifat deskriptif, yaitu penelitian yang memaparkan data secara sestematis dan faktual dan akuarat mengenai fakta-fakta serta hubungan dan fenomena yang diselidiki. Hasil penelitian ini menunjukkan prestasi-prestasi yang pernah dicapai anak asuh di LKSAM Ujung Gurap adalah juara I, II, dan III dalam bidang tilawah al-Qur’an tingkat Kecamatan pada tahun 2012. Selanjutnya pada tahun 2015, yaitu juara I dan II dalam bidang tilawah al-Qur’an tingkat Kecamatan. Semetara pada tahun 2016, yaitu juara III tilawah al-Qur’an Tingkat Kota, juara III Olahraga Futsal, dan juara III olahraga Badminton. Peranan pembina LKSAM Ujung Gurap dalam memberikan bimbingan untuk meningkatkan prestasi anak asuh dalam hal tilawah al-Qur’an adalah berupa pemberian pelatihan, memotivasi, dan memfasilitasi anak asuh, serta faktor pendukung LKSAM Ujung Gurap dalam meningkatkan prestasi anak asuh dalam hal tilawah al- Qur’an adalah, adanya kemauan dalam diri anak asuh untuk terus berprestasi, adanya arahan dan bimbingan dari pembina dan pembina cukup berpengalaman di bidangnya. Sedangkan faktor penghambat adalah berupa tugas yang terlalu berat bagi anak asuh dan fasilitas yang kurang memadai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs.H.Armyn Hasibuan, M.Ag dan Dr. Mohd. Rafiq, MA
Keywords: Peranan pembina; Prestasi anak asuh; Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak Muslim (LKSAM)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 10 Jul 2020 02:51
Last Modified: 10 Jul 2020 02:51
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3311

Actions (login required)

View Item View Item