Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pola asuh pembina asrama dalam pembentukan kepribadian anak asuh panti asuhan maimun babussalam Basilam Baru Kecamatan Batang Angkola

Zakiyah, Nur (2017) Pola asuh pembina asrama dalam pembentukan kepribadian anak asuh panti asuhan maimun babussalam Basilam Baru Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 120 0092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya ketidakseimbangan pola pengasuhan dalam bidang keagamaan dengan pengasuhan dalam bidang mental dan fisik di asrama Panti Asuhan Maimun Babussalam Basilam Baru. Pola asuh dalam bidang keagamaan sangat diutamakan dengan jadwal yang tersusun dan harus disiplin dalam pelaksanaannya. Sedangkan pengasuhan dalam bidang mental dan pengasuhan fisik kurang diperhatikan, karena pembina berharap dengan mengutamakan pengasuhan dalam bidang keagamaan anak asuh akan memiliki kepribadian yang baik. Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pola asuh yang dilakukan oleh pembina asrama dalam membentuk kepribadian anak asuh dan bagaimana kepribadian anak asuh Panti Asuhan Maimun Babussalam Basilam Baru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola asuh yang dilakukan oleh pembina asrama dalam membentuk kepribadian anak asuh dan untuk mengetahui bagaimana kepribadian anak asuh Panti Asuhan Maimun Babussalam Basilam Baru. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu Pembina asrama yang berjumlah 13 orang dan anak asuh yang berusia 13-18 tahun berjumlah 30 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini di ketahui bahwa pembina asrama dalam membentuk kepribadian anak asuh adalah secara demokratis, pembina asrama selalu memberikan perhatian, bimbingan, nasehat dengan penuh pengertian, bersikap lemah lembut, penuh kasih sayang dan tidak memaksakan kehendak pada anaknya untuk melakukan dan menjauhi sesuatu yang tidak diinginkannya. Sedangkan dari hasil observasi untuk bidang keagamaan dilakukan secara otoriter tujuannya agar anak asuh patuh dan taat dalam menjalankan perintah Allah SWT. Kepribadian dari anak asuh adalah kurang baik, karena anak asuh masih mudah terpengaruh oleh teman-teman sebayanya, anak asuh merasa dirinya memiliki kekurangan, kurang percaya diri dan kurang bisa mengontrol emosi. Anak asuh menjadi seseorang yang tidak mudah terbuka untuk menceritakan masalahnya kepada orang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pola Asuh Pembina Asrama; Pembentukan Kepribadian; Anak Asuh Panti Asuhan
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170106 Health, Clinical and Counselling Psychology
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Nuddin
Date Deposited: 09 Jul 2020 08:35
Last Modified: 09 Jul 2020 08:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3301

Actions (login required)

View Item View Item