Lubis, Sri Mentari (2018) Pembentukan kepribadian santri Pondok Pesantren Syekh Ahmad Daud Gunung Tua Julu Kecamatan Batang Onang Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00027.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Pesantren adalah lembaga pendidikan tradisional Islam, melalui sistem pendidikan pondok pesantren diharapkan dapat memberi manfaat bagi kepribadian santri yaitu kepribadian Islam seperti betutur kata yang sopan, jujur, rendah hati, sabar, tulus, penuh cinta, menutup aurat, beribadah kepada Allah swt dengan baik sholat dengan khusuk dan tepat waktu, bergaul sesuai syari’at, melaksanakan puasa wajib dan sunnat. Pondok pesantren memiliki ciri khas yang berbeda dalam proses pembentukan kepribadian santri sebagaimana akhlak santri sebenarnya. Adapun rumusan masalah adalah: 1. Bagaimanakah pola pembentukan kepribadian santri, 2. Bagaimanakah kepribadian santri, dan 3. apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian santri. dan tujuan penelitian adalah: 1. Untuk mengetahui pola pembentukan kepribadian santri, 2. Untuk mengetahui kepribadian santri, 3. Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan kepribadian santri, dan kegunaan penelitian adalah: 1.Sebagai bahan masukan kepada lembaga pendidikan pesantren untuk meningkatkan pola pembentukan kepribadian santri, 2. Sebagai bahan masukan bagi guru pengajar di pesantren, 3. Sebagai bahan masukan bagi santri untuk memperbaiki kepribadiannya. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang ilmu Pendidikan, sehubung dengan itu teori yang dibahas adalah1. Pondok pesantren: pengertian, dan komponenkomponennya, 2. Pembentukan kepribadian santri: pengertian, proses embentukan kepribadian santri, factor pendukung dan penghambat pembentukan kepribadian santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa pemaparan data secara tertulis mengenai data-data terkait, baik yang tertulis maupun lisan dari informan penelitian. Kesimpulan penelitian ini yaitu:1. Pola pembentukan kepribadian santri:a. melalui program pendidikan, b. keteladanan seluruh oknum, c. keteladan musyrif dan musyrifah. 2. Kepribadian santri:a. bertingkah laku baik, b. sopan baik dalam berbicara dan berpakaian, c. bertanggung jawab, d. berakhlak terhadap Allah, e. berakhlak terhadap kiai dan ustadz/ustazah. 3. Faktor pendukung pembentukan keprbadian santri: a. pengasuh yang bijak sana, b. dewan ustadz/ustazah yang berkompeten, c. peraturan yang konsisten, d. lingkungan yang nyaman. 4. Faktor pemhambat pembentukan kepribadian santri. a. rusaknya akhlak manusia yang menjadi yang menjadi pengaruh bagi santri, b. kurangnya kerja sama antara guru, santri dan orangtua, c. keterpaksaan santri sekolah di pesantren.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | pendidikan agama Islam; pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 09 Apr 2020 06:44 |
Last Modified: | 17 Apr 2020 13:36 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/326 |
Actions (login required)
View Item |