Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembinaan nilai-nilai akhlak dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal

Amin, Muhammad (2018) Pembinaan nilai-nilai akhlak dalam kegiatan ekstrakurikuler di Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Masters thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
1623100171.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Akhlak dalam Islam menempati kedudukan yang penting dan memiliki fungsi vital dalam memandu kehidupan masyarakat suatu bangsa. Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal memiliki komitmen yang kuat dan kesungguhan dalam mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler, sehingga menghasilkan prestasi yang membanggakan, menariknya lagi kegiatan ekstrakurikuler memberikan pengaruh yang positif terhadap pembinaan nilai-nilai akhlak peserta didik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bentuk kegiatan ekstrakurikuler, pembinaan nilai-nilai akhlak pada kegiatan ekstrakurikuler, dan faktor pendukung dan penghambat kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan nilai-nilai akhlak di Madrasah Aliyah Musthafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal. Penelitian ini mengunakan metode kualitaif deskriptif dengan sumber data yaitu pimpinan pondok pesantren, kepala Madrasah Aliyah, guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan kemudian diolah dengan cara reduksi data, display data, dan verifikasi data, lalu ditarik kesimpulan dan dianalisis secara kualitatif. Melalui penelitian ini ditemukan hasil bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler dalam pembinaan nilai-nilai akhlak yang dikembangkan di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal, yaitu kegiatan shalat fardhu secara berjama’ah, muhadarah, shalat sunat dhuha, dan tilawah al-Qur’an. Pembinaan nilai-nilai akhlak di Madrasah Aliyah dalam kegiatan ekstrakurikuler sudah berjalan dengan baik, beberapa indikasi yang menunjukan hal tersebut misalnya, kegiatan ekstrakurikuler sudah terprogram dengan baik kegiatan harian, mingguan, bulanan, semesteran dan tahunan, waktu dan tempat pelaksanaan dijadwalkan secara teratur, pada umumnya dilaksanakan bertempat di madrasah dan di luar pada jam luar akademik, kegiatan ekstrakurikuler sudah beroreantasi pada proses pembinaan nilai-nilai akhlak, metode yang digunakan guru pembina dalam kegiatan ekstrakurikuler sudah bervariasi seperti metode ceramah, demonstrasi, teladan, diskusi, nasehat, dan evaluasi dalam pendidikan ekstrakurikuler dilakukan secara berkala. Faktor pendukung pendidikan ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik di Madrasah Aliyah Mustafawiyah Purba Baru Kabupaten Mandailing Natal meliputi sistem boarding school, tersedianya sarana pendidikan, semangat tinggi dan kerjasama warga sekolah, keteladanan guru dan pembina, lingkungan yang kondusif, dukungan orang tua, dan antusias peserta didik., Sedangkan hambatan pendidikan ekstrakurikuler dalam pembinaan akhlak peserta didik, yaitu: kurangnya prasarana, masih ada oknum pembina yang sibuk dengan kepentingan pribadi serta memiliki wawasan keislaman yang belum memadai, ada peserta didik yang kurang serius dan berkemampuan rendah.

Item Type: Thesis (Masters)
Keywords: Pembinaan nilai akhlak; Ekstrakurikuler
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040305 Akhlaq, Tasawuf, and related science
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Aflah Indra Pulungan
Date Deposited: 08 Jul 2020 09:52
Last Modified: 08 Jul 2020 09:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3258

Actions (login required)

View Item View Item