Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri I Hutaraja Kecamatan Tantom Angkola

Siregar, Hapsah (2016) Penerapan metode card sort dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas VIII SMP Negeri I Hutaraja Kecamatan Tantom Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang seringkali dalam pembelajaran, khususnya pendidikan agama Islam adalah bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa dengan baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien, disamping masalah lainya juga sering didapati adalah kurangnya perhatian guru kepada siswa, dan terhadap variasi penggunaan metode mengajar dalam upaya meningkatkan motivasi belajar. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri I Hutaraja Kecamatan Tantom Angkolah, apakah penerapan metode card sort dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada pendidikan agama Islam di kelas VIII SMP Negeri I Hutaraja Kecamatan Tantom Angkola. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII SMP Negeri I Hutaraja Kecamatan Tantom Angkola, yang bertempat di desa Hutaraja, jenis penelitian ini penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa di kelas VII SMP Negeri I Hutaraja Kecamatan Tantom Angkola yang berjumlah 25 orang, instrumrn pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Berdasarkan hasil penelitian tindakan pada siklus I ini diperoleh sebesar 67,4% dengan kategori sedang, sedangkan pada angket siklus II rata-ratanya sebesarnya 77,4% dengan kategori tinggi. Dan pada observasi siklus I kategori motivasi belajar siswa 54% dengan kategori sedang, dan pada siklus II kategori motivasi belajar siswa meningkat 84%, selesainya observasi pada siklus II ini tingkat motivasi belajar siswa pada pendidikan agama Islam sudah meningkat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Pendidikan agama Islam; card sort; motivasi belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Apr 2020 05:59
Last Modified: 09 Apr 2020 05:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/322

Actions (login required)

View Item View Item