Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor penghambat peserta didik dalam mempelajari ilmu Tajwid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasanah kelurahan Padangmatinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan

Simanjuntak, Mhd. Yusri (2017) Faktor-faktor penghambat peserta didik dalam mempelajari ilmu Tajwid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasanah kelurahan Padangmatinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
13 310 0190.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasanah kelurahan padangmatinggi kecamatan padangsidimpuan selatan masih lambat dalam mempelajari ilmu tajwid. Hambatan memiliki arti yang sangat penting dalam melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan. Suatu tugas atau pekerjaan tidak akan terlaksana apabila ada suatu hambatan yang mengganggu pekerjaan tersebut. Maka rumusan masalah penelitian ini, bagaimana kemampuan peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid, Apa faktor penghambat peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid, Apa upaya yang diberikan guru terhadap peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid. Sehingga tujuan penelitian ini untuk menggambarkan bagaimana kemampuan peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid, untuk menggambarkan apa saja faktor-faktor penghambat peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid, untuk menggambarkan apa solusi yang diberikan guru terhadap peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid. Metodologi Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengamatan di lapangan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi yang nantintya akan diketahui apa saja faktor faktor penghambat peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid di Madrasah Ibtidaiyah Al-Hasanah Kelurahan Padangmatinggi Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid terdiri atas dua macam, yaitu: faktor intern peserta didik antara lain : kurang mampu menerapkan ilmu tajwid ke dalam Al-Qur’an, intelegensi peserta didik berbeda- beda, dan minat peserta didik mempelajari ilmu tajwid masih rendah. faktor ekstern peserta didik antara lain: mengutamakan bermain-main apabila sedang pelajaran berlangsung, alokasi waktu sangat sedikit, buku pegangan peserta didik kurang. Kemampuan peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid masih rendah karena peserta didik belum faham dengan ilmu tajwid, belum hafal huruf-huruf tajwid, belum bisa mencari ilmu tajwid. Upaya yang diberikan guru terhadap peserta didik dalam mempelajari ilmu tajwid antara lain: guru menjelaskan ilmu tajwid dengan baik, menyuruh peserta didik menghafal huruf-huruf tajwid, menyuruh peserta didik mencari misal tajwid, dan guru mengadakan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Faktor-Faktor Penghambat Peserta Didik; Ilmu Tajwid
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 07 Jul 2020 09:01
Last Modified: 07 Jul 2020 09:01
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/3216

Actions (login required)

View Item View Item